Angkatan Darat AS perkenalkan Stryker dengan laser 50 kilowatt untuk pengujian di CENTCOM

Stryker dengan senjata laser_1US Army

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Darat AS pada awal bulan lalu mengirim empat prototipe laser berkekuatan 50 kilowatt yang dipasang pada kendaraan tempur Stryker ke Timur Tengah untuk pengujian di dunia nyata.

Pengujian sekaligus untuk beradaptasi dengan partikel debu, kata Wakil Kepala CENTCOM Jenderal James Mingus, seperti diwartakan Breaking Defense.

Empat dari prototipe tersebut tiba di wilayah operasi CENTCOM pada awal Februari, dan layanan tersebut telah memulai aktivitas pengujian awal namun belum melakukan uji coba langsung. Menurut Mingus, diperlukan beberapa bulan untuk memproses pengamatan yang dapat mendorong pematangan teknologi dan keputusan akuisisi.

“Laser berenergi tinggi kami sangat rentan terhadap cuaca. Itu sebabnya saya pikir ini akan menjadi laboratorium yang hebat karena kapan pun ada badai debu, kapan pun ada hal semacam itu, fisika partikel cahaya yang menembakkan sinar itu akan berubah,” kata dia.

Jika rangkaian percobaan ini terbukti membuahkan hasil, hal ini dapat membantu layanan tersebut memutuskan apakah laser kelas 50 kilowatt tersebut merupakan pilihan yang tepat, atau mungkin mereka harus meluangkan lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan opsi 28 kilowatt.

Pada saat yang sama, para pemimpin militer juga memperhatikan masalah logistik yang terkait dengan menjaga agar senjata berenergi tinggi tetap beroperasi di medan perang, di mana suku cadang pengganti berteknologi tinggi tidak tersedia dalam jumlah banyak.

Perkembangan drone udara di medan perang di tempat-tempat seperti Ukraina dan Laut Merah – termasuk drone yang menyerang satu arah – mempercepat dorongan untuk mengembangkan dan mengerahkan senjata pertahanan baru untuk menjatuhkan drone.

CENTCOM, khususnya, dalam beberapa bulan terakhir telah menghadapi puluhan serangan terhadap instalasi AS di Irak dan Suriah, serta serangan pesawat tak berawak di Yordania yang menewaskan tiga tentara Amerika. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *