Kapten Melanie “MACH” Kluesner terpilih menjadi Komandan dan Pilot Tim Demonstrasi F-35A USAF yang baru, menggantikan Mayor Kristin “BEO” Wolfe

Melanie MACH Kluesner and Kristin BEO Wolfe_ Airspace ReviewUSAF

AIRSPACE REVIEW – Kapten Melanie “MACH” Kluesner, pilot F-35A Lightning II yang bertugas di Skuadron Tempur ke-421, Wing Tempur ke-388, Pangkalan Angkatan Udara Hill terpilih menjadi Komandan Tim Demonstrasi F-35A Angkatan Udara AS (USAF) sekaligus menjadi pilot demo untuk jet tempur siluman tersebut.

Penunjukannya didapat usai pelaksanaan Kursus Demonstrasi F-35A dalam Pelatihan Penerbangan Warisan Komando Tempur Udara di Pangkalan Angkatan Udara Davis-Monthan, Arizona pada 1 Maret 2024. Kluesner akan menggantikan Mayor Kristin “BEO” Wolfe yang menempati jabatan bergengsi tersebut selama ini.

Sebagaimana latar belakang Wolfe, Kluesner juga berasal dari keluarga besar USAF dan terinspirasi sejak kecil oleh orang tuanya untuk menjadi pilot pesawat tempur di USAF. Ia menceritakan, ayahnya dulu adalah pilot demonstrasi pesawat F-16 Fighting Falcon USAF.

“Ketika saya tumbuh dewasa, saya sangat menghargai orang tua, keluarga, dan teman-teman saya yang mempercayai saya dan mendorong saya untuk mewujudkan impian saya menjadi pilot pesawat tempur,” kata Kluesner dikutip dari rilis Wing Tempur ke-388, Komando Tempur Udara, USAF.

“Ayah saya adalah pilot demonstrasi F-16 Fighting Falcon Angkatan Udara Pasifik pada tahun 1980-an dan ibu saya adalah salah satu wanita kelas satu yang lulus dari Akademi Angkatan Udara AS. Dia lulus dari pelatihan pilot sebagai pemburu yang berkualifikasi, tetapi pada saat itu perempuan tidak diperbolehkan menerbangkan pesawat tempur. Orang tua saya adalah inspirasi besar bagi saya dan memiliki kisah luar biasa dari karier mereka,” cerita Kluesner.

Setelah lulus dari University of Southern California, Kluesner bergabung dengan USAF pada tahun 2014. Ia kemudian menjadi pilot pesawat tempur dan telah mengantongi 1.000 jam terbang di berbagai pesawat, termasuk T-6A Texan. II, T-38 Talon, F-16 Fighting Falcon, serta F-35B dan F-35A Lightning II.

Kluesner mengaku, perjalanan yang panjang untuk mencapai posisinya saat ini berkat kerja keras dan kecintaan pada pekerjaannya.

“Tidak ada yang lebih berharga daripada melakukan pekerjaan yang Anda sukai untuk sesuatu yang lebih besar dari diri Anda sendiri,” kata dia. “Menjadi pilot demonstrasi berarti menyebarkan pesan itu kepada generasi berikutnya dan saya sangat bersemangat untuk memulai musim pertunjukan udara,” lanjutnya.

Komandan Tim Demonstrasi F-35A tidak hanya bertanggung jawab atas tim keliling yang terdiri dari 14 personel pemelihara dan pendukung, namun ia juga memperkuat misi tim di seluruh dunia setiap tahun dengan memamerkan kemampuan jet tempur F-35.

Pilot Tim Demonstrasi F-35 akan membagikan berbagai pengalaman uniknya untuk menginspirasi ribuan penonton di setiap pertunjukan udara.

“Saya pikir sangat penting bagi orang-orang untuk menyadari bahwa jika Anda ingin menjadi pilot pesawat tempur atau bertugas di Angkatan Udara, tidak masalah seperti apa penampilan Anda atau apakah Anda cocok dengan bakat tertentu,” jelas Kluesner.

Ia menekankan, untuk mencapai tujuan yang penting adalah tetap disiplin dan bekerja keras.

“Yang penting adalah mau tetap disiplin, bekerja keras, bekerja sebagai tim, dan peduli mengabdi pada negara. Saya merasa terhormat berada di posisi ini dan saya berharap semua orang yang menyaksikan demonstrasi tersebut terinspirasi untuk bermimpi besar, sama seperti saya ketika saya masih kecil,” pungkas Kluesner. (RSN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *