General Atomics ungkapkan drone penginderaan XQ-67A untuk Angkatan Udara AS

XQ-67AGA-ASI
ROE

PRODUSEN drone papan atas dunia asal Amerika Serikat, General Atomics Aeronautical Systems (GA-ASI), telah meluncurkan kendaraan udara tak berawak baru, XQ-67A Off-Board Sensing Station (OBSS) pada 8 Februari 2024.

GA-ASI membagikan gambar dan video yang menunjukkan XQ-67A melakukan tes taksi berkecepatan tinggi, sebagai persiapan untuk penerbangan perdananya.

Boeing_contoh2

Pengungkapan ini menyusul pengumuman pada bulan Februari 2023 bahwa Laboratorium Penelitian Angkatan Udara (AFRL) telah memilih GA-ASI untuk membangun, menguji, dan menerbangkan UAV untuk program OBSS.

Program yang diselimuti kerahasiaan ini bertujuan untuk mengerahkan drone yang mampu memandu jet tempur dan mengirimkan informasi penting mengenai target dan ancaman kepada pilot.

Drone ini akan beroperasi lebih dulu dari jet tempur dan dikendalikan dari jarak jauh.

GA-ASI masih belum mau mengungkapkan informasi terkait spesifikasi dan kinerja dari XQ-67A ini, termasuk apakah drone akan dipersenjatai atau tidak.

Bersamaan dengan program OBSS, inisiatif Collaborative Combat Aircraft (CCA) Angkatan Udara AS membayangkan armada drone yang memenuhi berbagai peran: pembawa rudal, unit penginderaan, platform peperangan elektronik, dan umpan untuk menarik tembakan musuh.

Drone-drone ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Angkatan Udara AS dengan memberikan solusi ekonomis untuk meningkatkan armadanya yang menua.

Boeing

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *