Aurus Senat L700, limusin VVIP pemberian Putin untuk Kim Jong-un

AURUS Senat L700 pemberian Putin untuk Kim Jong-un_ Airspace Review (1)TASS

PEMIMPIN Korea Utara Kim Jong-un mendapatkan kendaraan limusin baru Aurus Senat L700 dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Pemberian ini sebagai hadiah persahabatan kedua negara di mana Rusia dan Korea Utara saat ini semakin saling mendekatkan diri.

Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) memberitakan pertama kali limusin VVIP pemberian Putin untuk keperluan pribadi Kim Jong-un. Mobil ini diserahkan secara resmi oleh perwakilan Rusia di Pyongyang pada 18 Februari lalu.

Tidak disebutkan merek atau varian mobil itu, namun Kantor Berita Rusia TASS kemudian melaporkan bahwa mobil tersebut adalah limusin eksekutif buatan Aurus. Sejumlah pihak mengidentifikasi kendaraan tersebut sebagai Aurus Senat L700.

Pabrikan Aurus Motors yang berkantor pusat di Moskow sebelumnya pada 2018 telah memasok limusin lapis baja Aurus Senat kepada Presiden Putin. Mobil ini melengkapi limusin lapis baja Mercedes S600 Pullman Guard yang digunakan Putin.

Sementara mengenai Kim Jong-un, orang nomor satu di Korea Utara tersebut sejak dulu memang menyukai dan mengoleksi mobil mewah yang sekaligus digunakan sebagai kendaraan pribadinya.

Kegemaran Kim Jong-un menurun dari sang ayah Kim Jong Il dan kakeknya Kim Il Sung yang juga pengoleksi mobil mewah.

Aurus Senat L700 dilengkapi fitur keamanan maksimal seperti bodi dan kaca tahan peluru serta kemampuan untuk mengapung apabila mobil terendam air sepenuhnya. Ban mobil yang digunakan juga dilengkapi lapisan baja untuk mencegah kerusakan atau tertembus peluru.

Mobil dengan panjang 7 m ini berbobot hingga 6 ton karena bahan-bahan lapis baja yang digunakannya. Aurus Senat L700 menggunakan mesin 4.400 cc 8 silinder bertransmisi otomatis 9 percepatan. Mobil ini didesain oleh Aurus Motors dan diproduksi oleh perusahaan otomotif Rusia NAMI yang berpusat di Moskow.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *