Armada “Pasukan Nyamuk Tak Berawak” Inggris Mengudara Tahun 2023

AIRSPACE-REVIEW.com – Seiring dengan mulai berjalannya proyek Team Tempest, jet tempur siluman generasi keenam yang digawangi pembuatannya oleh BAE Systems, Kementerian Pertahanan Inggris juga mulai menggelar proyek pengiring yaitu armada “pasukan nyamuk tak berawak”.

Apa itu? Tidak lain adalah pesawat-pesawat jet cepat tak berawak yang akan menjadi pengawal sekaligus menjadi tim pasukan pendukung gugus Tempest.

Armada pasukan nyamuk ini juga disiapkan untuk dapat dioperasikan bersama dengan sistem tempur yang diusung F-35 maupun Eurofighter Typhoon.

Mengutip Janes.com (21/7), proyek dengan sandi “Mosquito” diumumkan oleh Inggris dalam penyelenggaraan Royal International Air Tattoo (RIAT) di RAF Faiford, Gloucestershire pada 19-21 Juli.

Airbus via Jane’s

Kemenhan Inggris pun mempercayakan tiga kontrak kepada Rapid Capabilities Office (RCO) RAF untuk mencari tiga model demonstrator teknologi yang disebut sebagai LANCA (lightweight affordable novel combat aircraft).

BACA  Drone Orion Rusia Akan Mulai Berdinas Akhir Tahun Ini

Diharapkan, dalam waktu satu tahun pesawat demonstrator LANCA sudah terpilih. Selanjutnya pada 2023 wahana tersebut sudah dapat diuji coba penerbangannya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *