Ukraina mengklaim berhasil menjatuhkan dua Su-34 dan satu Su-35 Rusia

Su-34Istimewa
ROE

PASUKAN Pertahanan Jdara Komando Angkatan Udara Ukraina mengklaim telah berhasil menjatuhkan dua jet Su-34 dan satu Su-35 Rusia yang beroperasi di daerah dekat garis perbatasan. Penembakan ketiga pesawat dilakukan menggunakan sistem pertahanan udara Patriot.

Portal Ukraina, Defense Express, memberitakan bahwa komposisi formasi pesawat Rusia tersebut sedang melaksanakan misi meluncurkan bom luncur berpemandu UMPK.

Ditambahkan, biasanya Rusia menerapkan taktik eksekusi di mana dua Su-34 menjatuhkan bom ke sasaran yang jauh di darat, sementara Su-35 memberikan perlindungan udara dan terkadang meluncurkan rudal antiradar untuk menjamin keselamatan kelompok tersebut sekaligus untuk meningkatkan kemungkinan serangan pukulan.

Ukraina dalam berperang melawan kekuatan udara Rusia mengandalkan sistem Patriot dari AS di dekat garis depan pasukan musuh.

Pencegat GEM-T yang digunakan oleh sistem Patriot terhadap sasaran seperti pesawat terbang dan rudal jelajah, memiliki jangkauan maksimum 150 km. Sementara jangkauan bom luncur berpemandu UMPK Rusia adalah 60–70 km.

Belum ada konfirmasi dari Kementerian Pertahanan Rusia terkait klaim Ukraina ini. Perang antara Rusia dan Ukraina telah berlangsung hampir dua tahun, yakni dimulai pada 24 Februari 2022.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *