Bersama Bappenas, PTDI dorong pengembangan ekosistem industri kedirgantaraan di Bali

N219PTDI

SEBAGAIMANA rencana strategis yang diluncurkan oleh Kementerian PPN RI/Bappenas pada tahun 2021 untuk mengembangkan sektor ekonomi di Bali, PT Dirgantara Indonesia (PTDI) sebagai satu-satunya industri kedirgantaraan nasional mengambil perannya dalam pengembangan ekosistem industri kedirgantaraan di Provinsi Bali dalam rangka mendukung Transformasi Ekonomi Kerthi Bali.

Kolaborasi pengembangan ekosistem industri kedirgantaraan di Provinsi Bali tersebut dikukuhkan melalui penandatanganan dokumen Kesepakatan Bersama oleh Deputi Bidang Ekonomi Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti, Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, dan Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan di Gedung Wisma Sabha, Kantor Gubernur Bali (16/2).

Untuk diketahui, Bali merupakan wilayah kedua dimana PTDI diberikan kesempatan oleh Bappenas untuk berpartisipasi dalam program transformasi ekonomi nasional melalui optimalisasi pemanfaatan pesawat N219 produksi PTDI, setelah sebelumnya di Kepulauan Riau. Untuk pengembangan ekosistem industri dirgantara di Bali kali ini akan dimulai dengan mengusung konsep Aviation Training Tourism.

“Kegiatan ini akan memberikan nilai tambah bagi Provinsi Bali, khususnya dalam mendorong penciptaan lapangan kerja yang diharapkan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Bali, serta yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan kualitas SDM, khususnya dalam bidang high-tech aviation,” jelas Gita Amperiawan.

Pada kesempatan ini, PTDI yang diwakili Direktur Niaga, Teknologi & Pengembangan Moh Arif Faisal juga tanda tangani kesepakatan kerja sama pengembangan pusat pelatihan kedirgantaraan dengan Bali International Flight Academy (BIFA); serta pembangunan fasilitas MRO untuk pesawat terbang dengan PT Mulya Sejahtera Technology (MS Tech).

Pengembangan ekosistem kedirgantaraan di Bali merupakan langkah awal yang strategis dalam mensukseskan komersialisasi pesawat N219. Terlebih dengan pengembangan lanjutan pesawat N219 versi basic menjadi versi amphibious (N219A) yang akan dimulai pada awal 2024 ini dengan dukungan penuh dari Bappenas.

Kedua versi pesawat tersebut akan memiliki peran penting dalam peningkatan konektivitas wilayah Bali, khususnya sebagai hub pariwisata Indonesia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *