China tawarkan rudal antitank Red Arrow-12E seharga 7.000 dolar sebagai pesaing Javelin dari AS

Red Arrow 12Istimewa
ROE

NORTH Industries Corporation (Norinco) dari China memamerkan rudal antitank (ATGM) HJ-12E, yang juga dikenal sebagai Red Arrow-12E pada pameran pertahanan internasional WDS 2024 di Riyadh, Arab Saudi. Varian ekspor ini ditawarkan sebagai pesaing langsung rudal antitank FGM-148 Javelin buatan Amerika Serikat di pasar senjata global.

Red Arrow-12E sendiri telah mendapatkan pembeli asing pertama yang dirahasiakan, seperti diungkapkan pada Maret 2020.

Boeing_contoh2

Berdasarkan riwayatnya, Red Arrow-12E dikembangkan berdasarkan rudal HJ-12 yang telah digunakan militer China sejak 2013. Dicirikan sebagai ATGM generasi ketiga, HJ-12/Red Arrow-12E dilengkapi sistem array bertahap pencitraan termal dan berkemampuan tembak dan lupakan.

Desainnya menggabungkan empat sayap berbentuk X dan kemudi ekor yang terbuka setelah peluncuran, yang bertujuan untuk meningkatkan akurasi dan efektivitas rudal. Berat total sistem, termasuk rudal, tabung peluncuran, dan unit kendali, dilaporkan antara 17 dan 22 kg. Rudal ini dioperasikan oleh dua orang prajurit.

Sementara untuk harga perunitnya, Red Arrow-12E dibandrol seharga 7.000 dolar AS, bila dengan komponen peluncuran kontrol yang dapat digunakan kembali dihargai lebih dari 18.000 dolar AS.

Sebagai perbandingan, diameter Red Arrow-12E sebesar 135 mm menunjukkan potensi hulu ledak yang lebih berat dibandingkan dengan FGM-148 Javelin yang memiliki diameter hanya 114 mm.

Red Arrow-12E dilengkapi dengan hulu ledak Explosive Reactive Armor Penetrator (HEAT) berbentuk kerucut vertikal seberat 8,4 kg yang mampu menembus lapis baja homogen setebal 11 cm. Jangkauan efektifnya antara 75 hingga 2.000 m, dapat diperpanjang hingga 4.000 m dengan panduan TV.

Sistem panduan rudal ini mencakup panduan TV, panduan pencitraan inframerah (IIR), dan teknologi tembak dan lupakan, yang menawarkan penargetan berpemandu gambar dan fungsionalitas memori gambar target.

Komponen kontrol emisinya menampilkan perolehan target pasif dan pengendalian tembakan, dengan mode penglihatan siang hari atau pencitraan termal bawaan yang menawarkan tingkat pembesaran empat kali dan sembilan kali.

Selain menyerang tank tempur utama dan kendaraan lapis baja lainnya, Red Arrow-12E dapat menargetkan benteng bunker, perahu kecil, dan helikopter di ketinggian rendah atau yang sedang terparkir di landasan.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *