Dua kapal Rusia melakukan latihan serangan menggunakan rudal Kalibr di Laut Baltik

Karakurt class_1Russian MoD

KAPAL RUDAL kecil Armada Baltik, Sovetsk dan Grad, yang dipersenjatai dengan rudal jelajah Kalibr dan Oniks, telah mempraktikkan langkah-langkah untuk memukul mundur serangan udara hipotetis musuh dan melakukan serangan rudal dan artileri terhadap sasaran laut dan pesisir.

“Pada tahap pertama latihan di Laut Baltik, awak kapal rudal kecil Sovetsk dan Grad menembakkan sistem artileri A-190 dan AK-630 ke sasaran simulasi udara dan suar khusus,” kata rilis berita tersebut, dikutip TASS. Selain itu, penembakan dilakukan terhadap sasaran laut kecil yang meniru kapal tak berawak dan sasaran yang meniru kapal perang musuh.

“Pada tahap akhir latihan, spesialis kru tempur rudal dan artileri melakukan serangan besar-besaran dengan rudal jelajah terhadap sasaran laut dan pantai pada jarak yang cukup jauh, melakukan peluncuran rudal elektronik dengan sistem Kalibr-NK,” kata layanan pers armada tersebut. Selama latihan tempur, keamanan di daerah tersebut dijaga oleh kapal-kapal Armada Baltik.

Sovetsk adalah kapal rudal kecil proyek 22800 Karakurt. Kapal-kapal proyek ini, yang dikembangkan oleh Biro Desain Kelautan Pusat Almaz, adalah kapal laut multiguna dengan rudal dan artileri yang memiliki parameter kelaikan laut dan kemampuan pengendalian yang tinggi. Kapal-kapal tersebut membawa serangkaian senjata rudal berakurasi tinggi, termasuk rudal jelajah Kalibr-NK.

Kapal rudal kecil Proyek 21631 (termasuk The Grad) adalah kapal multiguna dengan perpindahan lebih besar dan dilengkapi dengan senjata artileri, rudal, antipesawat, dan radio-teknis paling modern. Sistem propulsi jet air kapal memungkinkan mereka beroperasi di perairan dangkal.

Sistem artileri otomatis 30 mm kapal mampu menghancurkan pesawat musuh, helikopter dan alat serangan udara lainnya, serta target permukaan dan darat angkatan laut berukuran kecil pada jarak yang cukup jauh dari garis pantai.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *