Pasukan Khusus Grup 13 Direktorat Utama Intelijen Kemhan Ukraina melaporkan telah menghancurkan kapal rudal Rusia Ivanovets

IvanovetsIstimewa

Pasukan khusus “Grup 13” Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina melaporkan telah menghancurkan kapal rudal Armada Laut Hitam Rusia Ivanovets pada malam tanggal 31 Januari hingga 1 Februari 2024

Diwartakan di situs resminya GUR MO, operasi ini dapat terlaksana dengan dukungan Kementerian Transformasi Digital Ukraina dan platform United24.

Ivanovets adalah kapal rudal besar proyek 12411 Molniy” yang dirancang untuk menghancurkan kapal perang dan kendaraan di laut, serta untuk melindungi kapal dari ancaman udara dan permukaan.

“Kapal musuh sedang berpatroli di Laut Hitam tidak jauh dari Danau Donuzlav dekat Krimea yang diduduki. Tercatat bahwa akibat serangkaian hantaman langsung ke lambung kapal, kapal Rusia tersebut mengalami kerusakan yang tidak sesuai dengan pergerakan selanjutnya, sehingga Ivanovets terbalik ke buritan dan tenggelam,” bunyi pernyataan tersebut.

GUR menambahkan, nilai kapal Rusia yang hilang adalah sekitar 60-70 juta USD. Menurut informasi awal, operasi pencarian dan penyelamatan penjajah Rusia dilakukan di Donuzlav, tetapi tidak berhasil.

“Kami menyatakan telah berhasil membobol “Kami akan mengingatkan Anda bahwa kami baru-baru ini menulis spesialis GUR Kementerian Pertahanan Ukraina melakukan operasi yang sukses di dunia maya musuh. Sebagai akibatnya server “lig” Kementerian Pertahanan negara agresor Rusia, yang digunakan untuk komunikasi khusus. Akibatnya, pertukaran informasi antar unit Kementerian Pertahanan Federasi Rusia yang menggunakan server ini terhenti,” pungkas GUR.

Kapal Ivanovets memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Bobot perpindahan: 493 ton
Dimensi: panjang 56,1 m, lebar 10,2 m, draft 4,36 m.
Kecepatan perjalanan maksimum: 38 knot
Daya jelajah: 1.600 mil dengan kecepatan 20 knot.
Mesin: campuran, 2 mesin diesel, 8000 hp + 2 turbin jelajah, 24000 hp, 2 baling-baling.
Persenjataan: 4 peluncur misil antikapal “Moskit” (4 misil), 1 dudukan meriam 76,2 mm AK-176, dudukan meriam 2×6 30 mm AK-630, 1 peluncur sistem misil antipesawat portabel Igla
Kru: 41 orang.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *