Perkuat pertahanan udara, Slowakia jajaki pengadaan sistem rudal Patriot dari Amerika Serikat

PatriotRaytheon

SLOWAKIA menjajaki pengadaan sistem rudal pertahanan udara rudal Patriot dari Amerika Serikat untuk meningkatkan kekuatan pertahanan udaranya. Hal ini dinyatakan oleh Menteri Pertahanan Slowakia Robert Kalinak pada 28 Januari dalam diskusi mengenai strategi pertahanan setelah perang Ukraina.

Dikatakan, pembelian sistem Patriot ini akan mendapatkan potongan harga atau diskon dari AS. Hal ini sebagai imbal balik dari disumbangkannya jet tempur MiG-29 Angkatan Udara Slowakia yang sudah dipensiunkan dan sistem pertahanan udara S-300 kepada Ukraina.

Selain mendapatkan diskon dalam pembelian Patriot, Slowakia juga memperoleh 12 helikopter serang Bell AH-1Z Viper dari AS dengan diskon hingga 66%.

Pemerintahan Slowakia di bawah Perdana Menteri Robert Fico saat ini memprioritaskan peralatan sistem pertahanan. Hal ini kontras dengan pendekatan pemerintahan sebelumnya yang menyediakan persenjataan ofensif ke Ukraina.

Pergeseran prioritas tersebut tercermin dalam fokus pada perolehan sistem Patriot untuk tujuan pertahanan udara.

Saat ini, Slovakia memiliki sistem Patriot yang dioperasikan sementara oleh Italia di tersebut hingga April 2024.

Meskipun Patriot tetap menjadi yang terdepan, Bratislava dilaporkan juga sedang melakukan pembicaraan dengan Polandia dan Israel mengenai sistem pertahanan udara jarak pendek hingga menengah.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *