Duh, penyabot Ukraina membakar jet pembom tempur Su-34 di Pangkalan Udara Shagol di Chelyabinsk Rusia timur

Su-34 dibakar penyabot UkrainaVia X
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sekelompok warga Ukraina diketahui telah membakar pesawat pembom tempur Su-34 di Lapangan Terbang Shagol di Chelyabinsk, berjarak 1.500 km di wilayah Rusia bagian timur.

Para penyabot Ukraina itu memasuki Rusia dan menyelinap ke landasan pacu yang tertutup salju dalam kegelapan. Lalu mereka membakar pesawat pembom tempur Sukhoi Su-34 (NATO: Fullback) milik Angkatan Udara Rusia.

Airbus_contoh2

Direktorat Intelijen Utama (GUR) Ukraina merilis rekaman di YouTube yang menunjukkan pembom taktis Su-34 Rusia dibakar di pangkalan udara tersebut pada malam tanggal 4 Januari.

Menurut laporan GUR, pesawat itu milik resimen penerbangan dari Divisi Penerbangan Campuran ke-21 Angkatan Dirgantara Rusia.

Tingkat kerusakan pesawat tidak dapat diketahui dari video yang hanya memperlihatkan api kecil seukuran lilin di badan pesawat dekat ruang mesin.

Menjelang akhir tayangan video, kobaran api tampak makin membesar di pesawat itu.

Su-34 merupakan pesawat militer yang banyak dikerahkan Rusia dalam perang di Ukraina. Tak sedikit juga pesawat ini yang berhasil ditembak jatuh oleh pasukan Ukraina.

Rusia diperkirakan memiliki 150 jet pembom tempur ini di inventori militernya, namun jumlahnya berkurang akibat pertempuran di Ukraina.

Sebelum kejadian ini, sejumlah penyusupan berhasil dilakukan warga Ukraina ke pangkalan udara militer Rusia.

Pada Oktober 2022, seorang warga Ukraina menyelinap ke lapangan terbang Rusia di dekat Pskov yang berjarak 800 km dari perbatasan negara untuk meledakkan helikopter serang Kamov Ka-52.

Pada September 2023, penyabot meledakkan pesawat An-148 dan Il-20 di sebuah lapangan terbang di wilayah Moskow.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *