Republik Ceko melakukan modernisasi Angkatan Daratnya dengan mengakuisisi CV90 IFV dan Leopard 2A8 MBT

CV90 dan Leopard 2A8_ Airspace ReviewIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Bersenjata Ceko akan menjalani modernisasi yang signifikan dengan mengganti armada BVP-2 tua mereka, dengan mengakuisisi Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) baru CV90 buatan BAE Systems.

Selain itu, Kementerian Pertahanan Ceko telah mengadakan negosiasi untuk akuisisi Tank Tempur Utama (MBT) Leopard 2A8 buatan KMW (Kraus-Maffei Wegmann).

Pemesanan kendaraan tempur buatan Barat ini menunjukkan pergeseran strategis dalam peralatan militer mereka, Army Recognition mewartakan (23/12).

Sebelumnya, pada Mei 2023, BAE Systems mengumumkan perjanjian yang melibatkan organisasi pengadaan pertahanan Swedia FMV dan BAE Systems Hägglunds untuk pembelian 246 unit CV90 Mk IV IFV.

Selanjutnya, pada bulan Juli 2023, Kementerian Pertahanan Ceko menyatakan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk membeli hingga 77 unit tank Leopard 2A8 dari Jerman.

Saat ini, Angkatan Darat Ceko telah mengoperasikan tank Leopard 2A4 generasi lawas atas bantuan Jerman untuk mempertahankan kemampuan militer Ceko, karena mereka telah menyumbangkan tank T-72 miliknya ke Ukraina.

Kehadiran dua kendaraan tempur buatan Barat ini akan membawa Angkatan Darat Ceko menjadi kekuatan modern sesuai dengan persenjataan standar NATO.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *