Bagian dari upaya modernisasi Angkatan Daratnya, Rumania akan mengakuisisi 150 panser Piranha 5 tambahan

Piranha 5Romanian MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Baru-baru ini Kementerian Pertahanan Nasional Rumania telah mengajukan permintaan kepada Parlemen negara tersebut untuk memberikan otorisasi memulai proses perolehan 150 unit tambahan panser Piranha 5.

Akuisisi ini diperkirakan menelan biaya sekitar 674 juta dollar AS, Army Recognition mewartakan (19/12). Sebelumnya Angkatan Darat Rumania telah mengoperasikan 94 unit panser serupa.

Boeing_contoh2

Penambahan panser ini sejalan dengan pembaruan standar kemampuan minimum yang ditetapkan oleh NATO serta upaya transformasi Angkatan Darat Rumania yang sedang berlangsung hingga tahun 2040.

Rencana akuisisi ini tidak hanya mencakup 150 panser Piranha 5 tetapi juga dukungan logistik komprehensif dan peralatan pelatihan khusus.

Mengenai Piranha 5, merupakan kendaraan lapis baja multifungsi yang dikembangkan oleh perusahaan Mowag Swiss.

Desain modularnya menjadikannya pilihan serbaguna untuk berbagai misi militer.

Versi APC Piranha 5 mampu menampung tiga awak yakni pengemudi, komandan, dan juru senjata, serta delapan pasukan bersenjata di kompartemen belakang

Dalam hal perlindungan, Piranha 5 lambungnya yang berbentuk V dirancang khusus untuk meningkatkan ketahanan terhadap ledakan ranjau, dan dilengkapi dengan sistem perlindungan aktif.

Panser berbobot 30 ton ini dibekali mesin diesel MTU 6V199 TE21 atau Scania DC13, yang mampu melarikan kendaraan hingga kecepatan 100 km/jam dan memiliki jangkauan operasi 550 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *