AS akan tempatkan jet F-15EX secara permanen di Pangkalan Udara Kadena Jepang: 36 unit akan menggantikan 48 F-15C/D yang telah ditarik

F-15EX_ USAF_ AR_ Airspace ReviewUSAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) akan menempatkan 36 jet tempur F-15EX secara permanen di Pangkalan Udara Kadena di Jepang.

Armada f-15EX Eagle II buatan Boeing itu akan menggantikan peran F-15C/D tua yang telah ditarik penugasannya dari Kadena.

Boeing_contoh2

Sebagai pengganti sementara, USAF secara berkala merotasi armada jet tempur F-35 Lightining II, F-22 Raptor, dan F-15E Strike Eagle ke Kadena.

Di masa lalu, beberapa pejabat telah berkampanye agar F-15EX dikerahkan ke Kadena, yang saat ini tidak memiliki kehadiran pesawat tempur permanen USAF.

Meski demikian, pertanyaan seputar rencana jumlah pembelian F-15EX Eagle II telah menimbulkan kekhawatiran tentang kelangsungan jet tempur ini.

Seperti diberitakan Nikkei Asia dan dikutip The War Zone, Pentagon berencana untuk mengerahkan 36 jet tempur F-15EX secara permanen di Kadena. Informasi ini didapat dari sumber Kongres AS yang tidak disebtukan namanya.

Sebelumnya, AS menempatkan 48 F-15C/D di Kadena Air Base. Armada ini dipenisunkan dari penugasannya di Jepang pada April 2023 setelah 44 tahun mengabdi.

Pentagon menilai Kadena di Jepang merupakan lokasinya yang strategis di Asia-Pasifik.

Hal ini akan memungkinkan adanya respons yang lebih cepat terhadap kemungkinan-kemungkinan di kawasan yang melibatkan China.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *