Seluruh tank T-80BVM Rusia yang digunakan di palagan Ukraina, kini dilengkapi sistem penangkal drone dan penargetan canggih

T-80BMVRussian MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Baru-baru ini Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa seluruh Tank Tempur Utama (MBT) T-80BVM yang diterjunkan di palagan Ukraina telah dilengkapi dengan sistem perlindungan canggih yang menjadi standar.

Sistem yang dimaksud, dirancang khusus untuk melawan amunisi berkeliaran (drone kamikaze) dan drone First-Person View (FPV), yang merupakan ancaman yang semakin besar di medan perang Ukraina.

Airbus_contoh2

Tindakan upgrade sistem keamanan pada tank ini berasal dari pengalaman tempur T-series, termasuk T-80BVM, langsung dari medan perang Ukraina.

Peningkatan ini secara signifikan mengurangi kerentanan tank terhadap berbagai senjata presisi tinggi juga memberikan pertahanan yang kuat terhadap bentuk peperangan yang lebih baru, seperti drone kamikaze, bom yang dikerahkan dari quadcopters, dan serangan dari drone FPV.

Salah satu perangkat yang digunakan adalah sebuah sistem yang dirancang untuk menekan saluran GPS dan saluran kendali drone.

Selain sistem penangkal drone tersebut, fitur penting dari peningkatan T-80BVM lainnya adalah dimasukkannya penglihatan penembak multi-saluran baru Sosna-U.

Sistem penargetan canggih ini menggunakan sinar laser untuk memandu rudal supersonik yang diluncurkan dari meriam tank.

Teknologi ini memungkinkan T-80BVM untuk menyerang dan menghancurkan target lapis baja dari jarak jauh, tetap berada di luar jangkauan efektif musuh.

Dilaporkan, Tentara Gabungan ke-29 Distrik Militer Timur, yang menggunakan tank-tank T-80BVM upgrade ini, secara aktif memberikan dukungan tembakan kepada unit penyerangan di arah selatan Donetsk.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *