Prototipe kit terbaru pemadam kebakaran di A400M selesai diuji coba: Tak perlu modifikasi apa pun, tinggal pasang dan whoosh bawa 20.000 liter cairan/material penghambat api

A400M membawa pemadam apiAirbus

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Airbus Defense and Space telah selesai melakukan uji terbang baru dari prototipe kit pemadam kebakaran Roll-on/Roll-off pada pesawat A400M.

Dengan kit tersebut pesawat dapat menjatuhkan 20.000 liter bahan cairan penghambat api dan menciptakan jalur konsentrasi tinggi sepanjang 400 meter di darat, tulis Airbus di lamannya.

Selama dua minggu, A400M melakukan uji coba darat dan penerbangan di Spanyol barat daya dan tengah.

Pengujian dilaksanakan selaman enam kali, termasuk tiga di antaranya menggunakan bahan penghambat api berwarna merah dan tiga menggunakan cairan.

“Kami telah menguji versi baru dari kit ini, meningkatkan efisiensi penurunan dan mengurangi waktu pelepasan hingga lebih dari 30% dibandingkan tahun lalu, sekaligus dikombinasikan dengan penerapan yang cepat dan pemasangan yang mudah pada pesawat A400M,” kata Jean-Brice Dumont, Kepala Militer Sistem Udara di Pertahanan dan Luar Angkasa Airbus.

Ia menambahkan, Airbus Defence and Space terus merintis solusi dan kemampuan baru untuk armada A400M.

Menurut perusahaan, Kit Roll-on/Roll-off (RoRo) tidak memerlukan modifikasi apa pun pada pesawat dan karenanya dapat dipertukarkan dengan pesawat mana pun dalam armada A400M.

Air atau bahan penghambat disimpan dalam tangki di ruang kargo pesawat. Lalu untuk membuangnya cukup dengan menggunakan tuas mekanis, sebuah pintu dibuka untuk memungkinkan cairan mengalir keluar dari pesawat secara gravitasi melalui pipa pembuangan.

Dikatakan, desain prototipe saat ini mampu mengeluarkan 20.000 liter dalam sekali pembuangan.

Tangki dapat diisi dalam waktu kurang dari 10 menit menggunakan pompa standar bertekanan tinggi di darat.

Pesawat A400M memiliki kemampuannya untuk lepas landas dan mendarat di landasan pendek dan tidak beraspal, serta berbagai pangkalan udara dan lapangan terbang.

Selama pengujian, Skadron Pemadam Kebakaran ke-43 Angkatan Udara Spanyol dilibatkan sebagai penasehat teknis dan memastikan bahwa kemampuan dalam A400M ini memiliki nilai operasional bagi calon operator.

Pada bulan Juli 2022 lalu, Airbus menguji kit demonstran pemadam kebakaran yang dapat dilepas pada A400M untuk pertama kalinya.

Perusahaan menyimpulkan bahwa peralatan pemadam kebakaran A400M menawarkan kemampuan tambahan terbaik di kelasnya.

-RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *