Setelah menunggu 4 tahun, Angkatan Bersenjata Belanda menerima kiriman pertama dari 1.185 unit MTV 12kN dari IDV Italia

MTV 12kNIDV

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Empat tahun sebelumnya, pada 2019, perusahaan asal Italia IDV (IVECO Defense Vehicles) telah menandatangani kontrak dengan COMMIT Belanda untuk menyediakan 1.185 kendaraan multiperan lapis baja dalam proyek “12kN & RCWS”.

Kini, kendaraan pertama yang disebut sebagai MTV (Multirole Tactical Vehicle) 12kN tersebut telah diserahkan kepada Angkatan Bersenjata Belanda dalam sebuah seremoni pada 30 November 2023 selama pameran pertahanan dan keamanan NEDS di Rotterdam.

Upacara ini dihadiri langsung oleh Wakil Laksamana Jan Willem Hartman, Komandan Komando Materiel dan IT (COMMIT) dan Direktur Persenjataan Nasional, EDR melaporkan (30/11).

Mengenai 12kN, merupakan kendaraan lapis baja serbaguna ini dirancang untuk menggabungkan mobilitas taktis 4×4 dengan kinerja off-road yang optimal, dan bermodularitas tinggi.

Kendaraan mengintegrasikan sistem komunikasi dan senjata yang canggih serta perlindungan tingkat tinggi bagi kelima awaknya, dan dipadukan dengan kemampuan membawa muatan yang sangat baik.

MTV 12kN dapat dikonfigurasi untuk beragam misi seperti angkut pasukan (APC), pos komando, patroli dan pengawalan, ambulans dan lainnya.

Untuk perlindungan diri dan bertempur, di atap kendaraan dapat dipasangi stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) dengan mengusung senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *