Hi Guys, jangan terlewatkan pendaftaran SMA Pradita Dirgantara telah dibuka

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Hi Guys, mengingatkan dan jangan terlewatkan ya, pendaftaran masuk SMA Pradita Dirgantara Tahun Akademik 2021/2022 telah dibuka sejak 11 Januari lalu.

Pendaftara akan ditutup secara online pada 14 Februari 2021. So, bagi kamu yang belum mendaftar masih ada kesempatan pastinya.

Wujudkan impian tertinggimu dengan mengikuti pendidikan di SMA Pradita Dirgantara. Dengan motto “Terbang Mendunia” SMA Pradita Dirgantara siap mengantarkanmu meraih cita-cita.

Kehadiran SMA Pradita Dirgantara yang didirikan pada 2018 memberikan alternatif bagi seluruh generasi muda Indonesia yang tertarik untuk menempuh pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan akreditasi “A” ini.

SMA Pradita Dirgantara yang terletak di depan Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah ini merupakan sekolah unggulan yang dibangun oleh Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) dengan Ketua Umum Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, istri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

SMA Pradita Dirgantara menerapkan konsep pendidiakn boarding school dengan penyediaan asrama pelajar dan juga beasiswa. Bersekolah di SMA Pradita Dirgantara bebas uang sekolah (SPP), uang gedung, dan bahkan mendapatkan makan tiga kali sehari serta snack satu kali sehari.

Dalam usianya yang masih sangat muda, SMA Pradita Dirgantara telah banyak menjalin kerja sama dengan berbagai institusi baik di dalam maupun di luar negeri. SMA ini juga bermitra dengan Akademi Angkatan Udara (AAU), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Sanata Dharma, Schoters, dan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional).

ruang perpustakaan SMA Pradita DirgantaraSMA Pradita Dirgantara

Sementara universitas-universitas dari luar negeri yang sudah tercatat sebagai mitra SMA Pradita Dirgantara, di antaranya adalah Institut Francais, Meikei High School Jepang, Tennoji University Japan, Michigan State University, dan Nothern Illinois University.

Tahun 2020, SMA Pradita Dirgantata juga menjadi kandidat IB (International Baccalaureate) dan menjadi anggota UNESCO ASPNet.

SMA Pradita Dirgantara menggunakan kurikulum Standar Nasional Pendidikan dengan ditambahkan Global Competences sehingga siswa-siswinya memiliki kompetensi global dan siap bersaing di dunia Internasional. SMA ini didukung oleh tenaga guru yang berkompeten dan tersedia beragam fasilitas yang mampu mendukung pencapaian visi misinya.

Banyak Prestasi Diraih

Banyak prestasi yang sudah diraih oleh siswa- siswi SMA Pradita Dirgantara, baik prestasi akademik maupun non akademik.

Tidak hanya di kancah nasional, siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara juga berhasil meraih prestasi di kancah Internasional.  Di antaranya adalah Ratu Putri Dewi yang menjadi juara 2 menulis esai di Melbourne University dan Felicia Tiffany serta Eilmuddin Ahmad yang berhasil mendapatkan medali emas di ajang NASPO dan I2ASPO melalui alat pendingin untuk APD yang diberi nama PC-Box.

Baca Juga: Prof. Dr. Ing. H. B.J. Habibie Hadiri Peresmian SMA Pradita Dirgantara

Tahun 2021 merupakan tahun keempat SMA Pradita Dirgantara mengadakan Penerimaan Peserta Didik Baru. Terdapat dua jalur yang akan digunakan dalam penerimaan tersebut.

Yang pertama adalah jalur reguler atau jalur tes yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMP yang memenuhi persyaratan umum.

Kemudian jalur kedua yaitu jalur prestasi yang dikhususkan bagi siswa-siswi SMP yang memiliki prestasi sebagai Peraih Medali Olimpiade Sains Tingkat Internasional, Peraih Medali Emas Olimpiade Sains Nasional, dan peraih Medali Emas Lomba Matematika dan Bahasa Inggris Nasional.

World Class Boarding School For Future Leaders

Untuk memperkenalkan secara lebih luas keberadaan dan kiprah SMA Dirgantara kepada segenap kalangan, mulai dari akademisi, profesional, media, dan masyarakat umum, Yasarini dan TNI AU pada 14 Januari 2021 telah menyelenggarakan Talk Show dan Media Gathering melalui aplikasi zoom dan disiarkan langsung melalui YouTube Yasarini, SMA Pradita Dirgantara, dan Airmen TV serta Airmen Radio.

Kasau SMA Pradita Dirgantara Talk Show

Talk show melalui aplikasi zoom diikuti lebih dari seribu peserta dan 43 pemimpin redaksi atau yang mewakili. Sementara tayangan langsung melalui YouTube disaksikan oleh 5.000 pengakses dari Sabang hingga Merauke dan juga para atase pertahanan, atase udara, atase pendidikan dan kebudayaan serta perwakilan lainnya.

Talk Show mengetengahkan tema “SMA Pradita Dirgantara Sebagai Icon Disrupsi Pendidikan Indonesia – World Class Boarding School For Future Leaders”. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P ini menghadirkan Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (C.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P sebagai Keynote Speaker.

Sementara untuk para pembicara menghadirkan Prof Rhenald Kasali, Ph.D, Dirjen Pendidikan Pauid, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Jumeri, S.TP,. M.Si, dan Director and Representative UNESCO Jakarta Prof Shahbaz Khan (diwakili Gunawan Zaki).

Ny Nanny Hadi Tjahjanto_

Selain itu, Ketua Yasarini Ny. Nanny Hadi Tjahjanto turut menyampaikan pandangan dan penjelasannya mengenai apa-apa saja yang telah diraih oleh SMA Pradita Dirgantara termasuk beberapa agenda yang akan direalisasikan di sekolah tersebut.

Lengkapi Persyaratan Berikut

Berikut informasi pendaftaran SMA Pradita Dirgantara, dihimpun dari website resmi SMA Pradita Dirgantara:

  • Laki-laki atau perempuan, warga negara Indonesia.
  • Lulus UN SMP/Sederajat Tahun Ajaran 2020/2021.
  • Tidak pernah tinggal kelas selama di SMP/Sederajat.
  • Nilai rapor semester I-V untuk Pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA minimal rata-rata 90 per semester dengan melampirkan fotokopi rapor yang dilegalisir.
  • Memiliki IQ lebih dari 115.
  • Sehat jasmani dan rohani serta tinggi dan berat badan proporsional.
  • Mendapatkan persetujuan orang tua/wali, bersedia tinggal di asrama, sanggup mematuhi peraturan sekolah, dan mematuhi persyaratan yang ditetapkan SMA Pradita Dirgantara.
  • Daftar konversi nilai dan ijazah yang dilegalisasi oleh Kemendikbud untuk sekolah setingkat SMP dari luar negeri.

Dokumen Pendaftara SMA Pradita Dirgantara

  • Kartu Keluarga.
  • Akta lahir.
  • Pas foto 3×4.
  • KTP orang tua.
  • Slip gaji orang tua.
  • Kartu Indonesia Pintar (KIP) /Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/ Program Keluarga Harapan (PKH) jika ada.
  • Rapor semester 1-5.
  • Hasil nilai tes IQ.
  • Piagam prestasi jika ada.
  • Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah atau guru.
  • Surat Keterangan Bebas Narkoba.

Tata cara dan jadwal pendaftaran SMA Pradita Dirgantara

  • Pendaftaran online: 11 Januari-14 Februari 2021. Calon siswa membuat pendaftaran secara online di http://my.sma.praditadirgantara.sch.id/signup. 
  • Seleksi administrasi: 11 Januari-14 Februari 2021.
  • Rapat penentuan tahap 1 (Minggu ke-3 Februari).
  • Seleksi tahap I: Pengumuman pada Minggu ke-3 Februari 2021. Tes akademik 1 pada Minggu ke-3 Februari – Minggu ke-1 Maret 2021.
  • Seleksi tahap 2: Pengumuman pada Minggu pertama Maret 2021. Tes akademik, kesehatan, psikologi, dan wawancara pada Minggu pertama dan kedua Maret 2021.
  • Pengumuman kelulusan: Minggu keempat Maret 2021.
  • Informasi lengkap tentang pendaftaran siswa baru SMA Pradita Dirgantara bisa dilihat di https://sma.praditadirgantara.sch.id/admissions/.

Oke Guys, selamat berjuang dan menyongsong masa depan yang cerah bersama SMA Pradita Dirgantara.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *