SuperSonic Strike Missile (3SM), Si Pedang Ajaib penerus Naval Strike Missile (NSM) yang dikembangkan Kongsberg

SuperSonic Strike MissileKongsberg
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Norwegia mengumumkan dimulainya pengembangan rudal serang generasi berikutnya (NextG), bekerja sama dengan Jerman dan Kongsberg Defense & Aerospace (KONGSBERG) sebagai mitra industri utamanya.

Seperti diketahui, KONGSBERG sang pengembang Naval Strike Missile (NSM) ini, akan mengambil peran utama dalam mengembangkan rudal serangan angkatan laut baru, perusahaan memberitakan (24/11).

Boeing_contoh2

Rudal baru penerus NSM tersebut akan diberi nama SuperSonic Strike Missile (3SM) dan dijuluki Tyrfing (Pedang ajaib dalam mitologi Nordik).

Kelak, rudal serang presisi jarak jauh ini akan dikerahkan di kapal perang angkatan laut kedua negara mulai tahun 2035.

Proyek 3SM Tyrfing akan memastikan bahwa Norwegia mempertahankan posisinya sebagai pemimpin dunia dalam produksi rudal canggih.

“Proyek rudal Baru ini akan menciptakan lapangan kerja baru di Norwegia, sekaligus menawarkan peningkatan kemampuan pertahanan kepada Norwegia dan sekutunya,” kata Eirik Lie, Presiden KONGSBERG.

NSM yang tersedia saat ini dikembangkan oleh KONGSBERG pada awal tahun 2000-an. Rudal dikirim ke Angkatan Bersenjata Norwegia dari tahun 2011 hingga 2015, dan telah dipilih oleh 13 negara lainnya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *