RV Connex dari Thailand kembangkan drone bersenjata untuk RTAF

Sky Scout MRV Connex

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan Thailand RV Connex meluncurkan Sky Scout-M versi bersenjata dari drone Sky Scout (U1). Drone tersebut diperlihatkan pada pameran Pertahanan & Keamanan 2023 di Bangkok.

Sebanyak 19 unit drone RV Connex U1 telah dioperasikan oleh Wing 3 AU Thailand (RTAF) sejak 2021, Asian Military Review melaporkan (13/11).

RTAF melibatkan RV Connex untuk mengeksplorasi potensi integrasi senjata ke dalam drone Sky Scout-M ini.

Dikembangkan selama rentang waktu sekitar empat tahun, Sky Scout-M menggabungkan sistem autopilot terintegrasi yang dikembangkan oleh RV Connex sendiri.

Upgrade pada varian bersenjata ini juga mencakup penguatan struktur sayap, sensor dengan resolusi lebih tinggi, dan sistem kontrol penerbangan yang ditingkatkan.

Tersedia dua cantelan untuk senjata pada drone untuk membawa Free Fall Lightweight Multi-role Missile (FFLMM) buatan Thales, Prancis dan munisi berpemandu RASH-1M buatan ADASI, Edge Group. Uni Emirat Arab.

Untuk spesifikasinya, Sky Scout-M memiliki lebar sayap 6,3 m dan panjang 3,6 m. Kapasitas muatannya diatas 16 kg.

Drone ditenagai oleh mesin yang bersumber dari Italia. Kecepatannya mencapai 100 km/jam, terbang hingga 4.500 m, dan memiliki daya tahan di udara selama 12 jam.

Pengujian lebih lanjut pada Sky Scout-M ini masih terus dilakukan, sebelum drone bersenjata ini diakuisisi oleh RTAF nantinya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *