Kementerian Pertahanan RI serahkan pesawat Falcon 8X A-0801 kepada TNI AU

Falcon 8X A-0801Airmen TV
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan RI telah menerima pesawat Falcon 8X dengan nomor registrasi A-0801. Pesawat langsung diserahterimakan kepada TNI AU melalui Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Lanud Halim Perdanakusuma pada Rabu 8 November 2023.

Pesawat ini adalah salah satu realisasi tindak lanjut dari perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk pembangunan kekuatan TNI.

Airbus_contoh2

Salah satunya, adalah melalui pengadaan peralatan militer canggih dan modern, terutama bagi TNI Angkatan Udaram tulis Kementerian Pertahanan RI.

Pesawat Falcon 8X A-0801 menjadi tambahan kekuatan untuk armada Komando Pengendalian Angkatan Udara (Kodal) TNI AU.

Pesawat dirancang untuk mendukung tugas-tugas pimpinan dengan keunggulan dalam jangkauan tempuh yang jauh dan kemampuan pendaratan yang baik di landasan pendek.

Pengadaan pesawat Falcon 8X ini merupakan hasil negosiasi antara Kementerian Pertahanan dan Dassault Aviation.

Sebelumnya, TNI AU telah menerima pesawat interim Falcon 7X dan Falcon 8X pada bulan Desember 2022 sebagai tambahan armada pesawat angkut VIP.

Acara penerimaan pesawat Falcon 8X ini turut dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi yaitu Panglima Koopsudnas, Danjen Kodiklatau, Kapusalpalhan Baranahan Kemhan, Karo Humas Setjen Kemhan, serta beberapa pejabat lainnya di lingkungan Kemhan RI dan TNI AU.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *