Setelah 46 tahun bertugas, Angkatan Laut India resmi pensiunkan Il-38 Sea Dragon, perannya diteruskan oleh P-8I Neptune

Il-38 Sea Dragon AL India digantikan perannya oleh P-8I Neptune_ airspace reviewWikipedia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah berdinas selama 46 tahun atau hampir setengah abad, pesawat patroli maritim Il-38 Sea Dragon resmi dipensiunkan oleh Angkatan Laut India.

Selanjutnya peran pesawat buatan Ilyushin, Soviet itu diteruskan oleh Boeing P-8I Neptune.

Pesawat terakhir Il-38 dipensiunkan usai melaksanakan penerbangan operasional terakhir di Stasiun Angkatan Laut India INS Hansa di Goa, pantai barat negara itu pada 31 Oktober 2023.

Upacara pemensiunan pesawat dihadiri oleh Staf Angkatan Laut India Laksamana R Hari Kumar, NDTV melaporkan.

Angkatan Laut India memiliki total lima Il-38 dalam inventarisnya. Tiga pesawat pertama diperoleh sebagai pesawat bekas oleh Angkatan Laut Soviet pada tahun 1977.

Pesawat yang dioperasikan oleh Skadron Udara Angkatan Laut India (INAS) 315 Winged Stallion tersebut kemudian dimodernisasi beberapa kali seiring berjalannya waktu.

Pada tahun 2002, Angkatan Laut India kehilangan dua Il-38 yang bertabrakan dan jatuh di Bandara Dabolim di Goa saat parade udara untuk menandai ulang tahun ke-50 Angkatan Laut India.

Kedua pesawat tersebut digantikan oleh dua pesawat bekas asal Rusia.

Angkatan Laut India saat ini mengoperasikan 12 P-8I. Pada tahun 2021 lalu, India mengumumkan akan memperoleh enam P-8I lagi dan telah disetujui oleh Departemen Luar Negeri AS.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *