Kementerian Pertahanan Ceko melakukan negosiasi dengan Embraer untuk mengakuisisi C-390 Millennium

C-390 MillenniumEmbraer

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Ceko pada 17 Oktober mengumumkan pihaknya telah memulai diskusi dengan Embraer Brasil mengenai potensi untuk mengakuisisi dua pesawat angkut militer C-390 Millennium.

Keputusan ini mengikuti riset dan analisis pasar yang ekstensif, yang mengidentifikasi C-390 sebagai solusi ideal untuk memenuhi beragam kebutuhan Angkatan Bersenjata Ceko.

Jika negosiasi berhasil, akuisisi C-390 akan secara signifikan meningkatkan kemampuan armada angkut udara Angkatan Udara Ceko.

Diketahui, saat ini Ceko belum memiliki pesawat dengan kemampuan jarak menengah dan jauh dengan durasi penerbangan minimal 12 jam dan mampuan mendarat di landasan yang belum dipersiapkan.

Hal ini mengakibatkan ketergantungan Ceko terhadap pasukan sekutu untuk kebutuhan operasional tersebut.

C-390 adalah pesawat angkut militer menengah multimisi untuk angkut barang dan personel serta pengisian bahan bakar di udara.

Selain itu, pesawat juga bisa dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran udara, menjadikannya aset yang berguna dalam memadamkan kebakaran skala besar.

Ceko bukan satu-satunya negara anggota NATO yang mempertimbangkan C-390. Hungaria dan Belanda telah memulai proses untuk mendapatkannya.

Austria juga sedang mempertimbangkannya, sementara Portugal telah mengoperasikannya.

Perlu dicatat bahwa perusahaan Ceko Aero Vodochody telah terlibat dalam produksi komponen untuk pesawat Embraer C-390.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *