Tank Merkava Israel dengan sistem Trophy jatuh ke tangan militan Hamas

Merkava jatuh ke tangan militan HamasIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tank operasional paling canggih Israel, yang dilengkapi dengan sistem perlindungan aktif Trophy, telah ditangkap oleh militan Hamas.

Dalam pergolakan di Jalur Gaza, beredar rekaman video yang memperlihatkan tank Merkava dan Namer APC ditinggalkan pasukan Israel dan direbut oleh militan Hamas.

Kendaraan-kendaraan tersebut ditinggalkan oleh tentara di posisi mereka di sepanjang perbatasan saat serangan mendadak oleh kelompok militan Palestina Hamas dimulai pada Sabtu pagi

Tank tempur utama Merkava Mk4 dan Namer terbaru tersebut memiliki sistem perlindungan aktif Trophy modern. Yaitu, sistem penanggulangannya menggabungkan radar dengan peluncur yang menembakkan pelet logam, untuk menghancurkan roket dan rudal antitank yang masuk.

Diketahui, mulai tahun 2009, IDF mulai memasang varian Merkava Mk 4 dengan Trophy Active Protection System.

Dalam video lainnya, tampak sebuah tank Merkava telah dibakar oleh militan Hamas, dan awak tank ditarik keluar.

Serangan kelompok Palestina Hamas ini dilaporkan telah menewaskan ratusan warga sipil dan tentara dalam serangan mendadak yang menggabungkan orang-orang bersenjata yang memasuki kota-kota Israel dengan rentetan roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan negaranya sedang berperang dengan Hamas setelah kelompok ini melancarkan serangan darat, laut dan udara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *