Partner 2023: Serbia luncurkan tank tempur utama M-84AS2 versi upgrade

M-84AS2Reddit
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pameran pertahanan Partner 2023 di Beograd menjadi etalase produk pertahanan buatan industri pertahanan Serbia untuk memamerkan produk-produk terbarunya, salah satunya Tank Tempur Utama (MBT) M-84AS2.

Tank hasil upgrade dari keluarga M-84 ini menawarkan segudang peningkatan dalam daya tembak, mobilitas, perlindungan, dan kesadaran situasional.

Boeing_contoh2

Varian asli M-84 ini mengambil garis keturunan dari tank T-72 buatan Uni Soviet, yang diproduksi di bawah lisensi oleh Yugoslavia (kini diteruskan Serbia).

Versi upgrade M-84AS2 masih tetap mempertahankan persenjataan kanon L48 smoothbore 125 mm dan senapan mesin koaksial 7,62 mm.

Namun kini telah dilengkapi RCWS (Remotely Controlled Weapon Station) mutakhir yang dipersenjatai dengan senapan mesin berat 12,7 mm.

Hal ini memungkinkan komandan tank untuk melakukan operasi penembakan dari dalam tank, memastikan tingkat keamanan dan kepresisian.

Keunggulan lainnya M-84AS2 adalah sistem pengendalian tembakan yang canggih, termasuk penglihatan penembak empat saluran, penampil panorama komandan yang distabilkan, dan sensor meteorologi biaksial digital.

Fitur-fitur ini memungkinkan penembak dan komandan untuk secara bersamaan melacak dan memperoleh dua target terpisah, sehingga meningkatkan kemampuan tempur tank.

M-84AS2 juga mengutamakan kesadaran situasional komandan. Tank ini dilengkapi dengan pengawasan video yang komprehensif, sistem manajemen pertempuran, dan peralatan komunikasi digital yang canggih.

Tingkat perlindungan telah ditingkatkan secara signifikan pada M-84AS2. Tank sekarang dilapisi dengan Explosive Reactive Armor (ERA) generasi baru, yang menawarkan perlindungan unggul terhadap ancaman tingkat lanjut.

Selain itu, tank dilengkapi dengan sistem deteksi radiasi laser dan pelepas granat asap otomatis, yang semakin meningkatkan kemampuan pertahanannya.

Kemampuan bertahan hidup tetap menjadi fokus utama. M-84AS2 dilengkapi subsistem pemadam kebakaran dan ledakan bahan bakar otomatis serta jaring kamuflase multispektral, sehingga mengurangi visibilitasnya di berbagai spektrum.

Tank M-84AS2 juga menjanjikan peningkatan mobilitas. Dengan mesin yang diperbarui, batang torsi baru, peredam kejut, dan track forged double-pin yang tahan lama.

Tank memiliki bobot tempur 46,5 ton ini digerakkan oleh mesin diesel baru yang menghasilkan tenaga 840 hp. Dapat mencapai kecepatan tertinggi 60 km/jam, dengan jangkauan jelajah maksimum 500 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *