Finlandia akan membeli simulator Hawk FMS dari Patria untuk pelatihan pilot F-35

Patria Hawk Full Mission SimulatorPatira
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Finlandia dan perusahaan dalam negeri Patria telah mencapai kesepakatan untuk pengadaan Hawk Full Mission Simulator (FMS). Simulator ini akan digunakan untuk pelatihan calon pilot F-35 Angkatan Udara Finlandia.

Diharapkan, simulator dapat dikirimkan ke Angkatan Udara Finlandia pada tahun 2026. Simulator Hawk FMS akan memainkan peran penting dalam fase pelatihan tipe Hawk dan fase pelatihan taktis, kata Kementerian Pertahanan Finlandia.

Boeing_contoh2

“Dengan akuisisi ini, jalur pelatihan pilot akan terjamin di masa depan, juga di era F-35,” ujar Teemu Lähdekorpi, Penanggung jawab area bisnis Angkatan Udara Finlandia di perusahaan Patria.

Hawk FMS akan diintegrasikan ke dalam lingkungan pelatihan Hawk Live Virtual Constructive (LVC) Angkatan Udara Finlandia oleh Patria.

Simulator ini akan menciptakan karakter penting dalam skenario pelatihan, menyesuaikan cara bertindak mereka berdasarkan model yang diprogram atau kecerdasan buatan.

Pelatihan LVC memberikan pelatihan yang terjangkau dan realistis bagi calon pilot, membantu mereka bertransisi ke armada pesawat tempur.

Patria telah mengirimkan simulator Hawk berjaringan ke Angkatan Udara Finlandia, termasuk Hawk Part Task Trainer dan Hawk Mission Trainer.

Hawk FMS akan meningkatkan akurasi dan realisme pemodelan sistem dibandingkan dengan simulator pelatihan pilot militer sebelumnya.

Seperti diketahui, Kementerian Pertahanan Finlandia telah menandatangani kontrak pembelian 64 jet tempur siluman F-35A Block 4 Lightning II buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat.

Penandatanganan kontrak dilaksanakan di kantor Komando Logistik Pasukan Pertahanan Finlandia di Tampere pada 11 Februari 2022.

Nilai kontrak sebesar 9,4 miliar dolar AS (USD) mencakup akuisisi pesawat tempur, mesin, suku cadang, pelatihan, dan peralatan terkait.

Sementara untuk persenjataan, rencananya akan dilaksanakan kontrak terpisah.

Di Angkatan Udara Finlandia, F-35A akan menggantikan pesawat F/A-18C/D Hornet yang akan dihentikan penggunaannya tahun 2030.

Pembelian 64 F-35A oleh Finlandia dilaksanakan melalui prosedur Penjualan Militer Asing (FMS) sesuai persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah AS.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *