Program peningkatan tank Leopard 2A5 ke 2A7 DK rampung, Angkatan Darat Denmark kini punya MBT andalan

Leopard 2A7 DKRDA
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Darat Kerajaan Denmark (RDA) telah menerima Tank Tempur Utama (MBT) Leopard 2A7 DK dari program peningkatan Leopard 2A5 mereka. Hal ini menandai selesainya upaya modernisasi yang signifikan.

Tank bernomor 68650, yang baru dikirim dari pemasok terkenal Jerman Krauss-Maffei Wegman (KMW), kini bergabung dengan jajaran armada lapis baja tangguh Denmark, seperti dilaporkan RDA.

Pencapaian ini merupakan puncak dari perjalanan yang dimulai pada tahun 2020 ketika empat tank pertama Leopard 2A7 DK yang dimodifikasi meluncur ke Barak Dragoon di Denmark.

Sejak itu, KMW melanjutkan peningkatan 40 tank Leopard 2A5 lainnya milik RDA.

Transformasi MBT RDA mencakup serangkaian penyempurnaan, antara lain meriam baru yang lebih efisien, peralatan komunikasi canggih, peningkatan perlindungan, pendingin udara, dan berbagai peningkatan lainnya.

Leopard 2A7 merupakan tank tempur utama Jerman generasi ketiga tangguh yang dikembangkan oleh Krauss-Maffei Wegman. Tank ini digunakan oleh sejumlah negara Eropa.

Denmark mengakuisisi tank Leopard 2A5 pada tahun 1998 dari kelebihan stok Jerman. Tank-tank ini kemudian ditingkatkan ke standar 2A5 DK pada tahun 2004–2006.

Pada tahun 2023, armada lapis baja Denmark terdiri dari 44 Leopard 2A7 DK.

Leopard 2A7 DK dirancang untuk skenario pertempuran serbaguna. Tank ini dapat beradaptasi dengan berbagai operasi militer. Peningkatan ini merupakan upaya kolaboratif dengan Kanada yang memperkenalkan inovasi seperti sistem pendingin kompartemen kru, unit daya tambahan yang kuat, teknologi kamuflase canggih, serta manajemen tempur dan sistem informasi yang efisien.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *