Israel modernisasi jet F-5B Spanyol dengan elektronik mutakhir

F-5B Angkatan Udara SpanyolIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Israel melalui Israel Aerospace Industries (IAI) akan memodernisasi jet tempur F-5B milik Angkatan Udara Spanyol.

Proses modernisasi akan dilaksanakan melalui anak perusahaannya yaitu Silon AviaciĆ³n, di Spanyol.

Boeing_contoh2

F-5B yang akan dimodernisasi adalah armada Wing ke-23 Talavera la Real. Tujuan dari kontrak strategis senilai 40 juta dolar AS ini adalah untuk memperpanjang masa operasional pesawat hingga tahun 2030.

Modernisasi terhadap F-5B Angkatan Udara Spanyol merupakan kedua kali yang akan dilaksanakan oleh IAI.

Sebelumnya, proses modernisasi F-5B telah dilaksanakan pada tahun 2000-an. Pesawat akan mendapatkan peningkatan berbagai perangkat lunak, selain pemeliharaan peralatan.

Dengan perkembangan waktu yang tak terhindarkan, berbagai subsistem memerlukan pembaruan lagi, tegas kementerian Spanyol tentang peningkatan yang akan datang.

Di Wing ke-23 di Talavera la Real, Angkatan Udara Spanyol memiliki 19 F-5M. Pesawat ini telah digunakan selama lebih dari setengah abad.

Sebagai bagian dari sistem manajemen penerbangan intinya, perangkat lunak asli Northrop F-5B sebagian besar berbasis analog, memanfaatkan sistem radar AN/APQ-153 untuk navigasi utama dan akuisisi target.

Sistem yang belum sempurna tersebut, meskipun secara teknologi inovatif pada awal berdirinya, memerlukan modernisasi untuk mengimbangi dinamika peperangan udara kontemporer yang terus berkembang, kata Angkatan Udara Spanyol.

Dengan peningkatan elektronik baru, pesawat akan lebih efisien, andal, dan kompatibel dengan teknologi peperangan modern.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *