XT112 5.56 mm, senapan serbu baru yang dikembangkan Taiwan

XT112 Assault RifleMND/GACC
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengumumkan pada 15 September 2023, dalam Pameran Industri Dirgantara & Pertahanan Taipei, mereka tengah menyiapkan senapan serbu baru XT112 untuk Angkatan Bersenjata Taiwan pada akhir tahun ini.

Biro Persenjataan mengonfirmasi bahwa senapan tersebut seluruhnya direkayasa dan diproduksi di Taiwan. Senapan ini memiliki beberapa peningkatan dibandingkan pendahulunya yaitu model T91 dan T65K2.

Boeing_contoh2

Laras XT112 lebih kuat dibandingkan laras T91 dan T65K2, sehingga menghasilkan akurasi yang lebih unggul.

Disebutkan, XT112 mencapai pengelompokan tembakan sebesar 9,8 cm pada jarak 100 meter, dibandingkan dengan T91 yang mencapai 14,5 cm pada jarak yang sama.

Senjata ini memiliki empat mode penembakan, yaitu: aman, semi-otomatis, tembakan dua peluru, dan otomatis penuh. Magasinnya berisi 30 peluru kaliber 5,56 mm.

XT112 juga memperkenalkan peningkatan ergonomis. Fitur-fitur seperti tuas pemilih, tombol pelepas magasen, dan kait pegangan kokang bersifat ambidextrous, menawarkan akses mudah bagi pengguna kidal dan kanan. Sebaliknya, kontrol ini hanya sepihak pada model sebelumnya.

Selain itu, dudukan rel senapan memenuhi standar internasional, sehingga memberikan fleksibilitas lebih besar untuk memasang aksesori.

Pengguna dapat memasang peluncur granat, alat bidik, dan modul pembidik laser di berbagai titik di sepanjang rel, tidak seperti posisi tetap yang tersedia pada model sebelumnya.

XT112 juga dilengkapi bipod internal yang dapat ditarik di bagian depan. Lalu magasinnya memiliki casing transparan untuk pemeriksaan tingkat amunisi dengan cepat dan dibuat dari bahan plastik komposit, meningkatkan daya tahannya dan mengurangi kemungkinan macet.

Selain itu, XT112 dilengkapi standar dengan flash suppressor baja yang memiliki lekukan di ujungnya. Hal ini memungkinkannya berfungsi sebagai senjata jarak dekat dan pemotong kawat. Fitur seperti ini hanya tersedia opsional pada model lama.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *