Amerika Serikat ingin perluas kemitraan dengan Indonesia di sektor pertahanan

Kamala Harris mengikuti KTT ASEAN_3Pool
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat (AS) ingin memperluas kemitraan dengan Indonesia di sektor pertahanan.

AS akan mendukung lembaga keamanan laut Indonesia dan berdiri bersama dengan Indonesia dalam mempertahankan batas-batas udara.

Boeing_contoh2

Hal itu dikatakan Wakil Presiden AS Kamalla Haris dalam pertemuan bilateral dengan Presiden RI Joko Widodo di Jakarta, Rabu.

“Dalam isu keamanan, kami bangga memperluas kemitraan pertahanan kami untuk badan keamanan maritim Anda dan berdiri bersama Anda dalam mempertahankan perbatasan ruang angkasa sesuai aturan internasional,” kata Harris di Jakarta Convention Center (JCC).

Harris mengungkapkan, AS ingin meningkatkan arus bisnis di antara dua negara, termasuk melalui bingkai ekonomi Indopasifik.

AS juga akan terus bekerja sama dengan Indonesia untuk membangun ketahanan rantai pasok, termasuk pada sektor mineral yang penting.

Menurut dia, ini penting untuk memperluas ekonomi perekonomian energi ramah lingkungan.

“Dan kami akan mendukung usaha Anda untuk memperluas ekonomi digital Indonesia,” ujar Harris seperti diwartakan Kompas.

Dalam penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN, Harris juga memberikan apresiasi atas Keketuaan Indonesia.

Ditegaskan bahwa AS bangga punya hubungan yang terus tumbuh dan semakin kuat dengan Indonesia, negara demokrasi terbesar di dunia.

“Kami yakin kemitraan kita akan tumbuh semakin kuat dalam hitungan tahun dan dekade ke depan,” ujarnya.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *