Pesawat SSJ-100NEW melakukan penerbangan pertamanya

SSJ-100NEWUAC
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Prototipe pesawat jet komersial badan sempit SSJ-100NEW melaksanakan penerbangan pertamanya di Komsomolsk-on-Amur, di timur jauh Rusia pada 29 Agustus 2023.

Pesawat bernomor 97021 itu diterbangkan oleh awak pesawat yang terdiri Penguji Pilot Uji Kelas 1 Leonid Chikunov, Kopilot Penguji kelas 1 Dmitry Demenev, dan Kepala Teknisi Penerbangan Kelas 1 Denis Velihanin.

Airbus_contoh2

Pesawat terbang selama 54 menit, berlangsung di ketinggian hingga 3.000 meter dan kecepatan hingga 343 km/jam.

Sesuai dengan misi penerbangan, awak pesawat melakukan pemeriksaan stabilitas dan pengendalian pesawat di udara, pemeriksaan sistem kendali tekanan kabin otomatis dan pendekatan pendaratan setelah sirkuit lalu lintas.

“Penerbangan pertama Superjet, yang dibuat dalam kerangka program substitusi impor sistem dan komponen, merupakan keberhasilan ribuan tim dari perusahaan di sektor penerbangan dan radioelektronik,” kata Wakil Perdana Menteri yang juga Menteri Perindustrian dan Perdagangan Denis Manturov.

Ditambahkan bahwa pengembang dan pabrikan Rusia berhasil menerapkan serta menempatkan solusi dan teknologi desain mereka sendiri di dalam pesawat, termasuk avionik, roda pendaratan, unit daya tambahan, sistem kendali terintegrasi, serta sistem catu daya, AC, proteksi kebakaran, dan banyak lainnya.

Secara total, sekitar 40 sistem dan unit buatan Rusia dipasang di Superjet, bukan komponen asing, kata United Aircraft Corporation (UAC) dalam rilisnya.

Untuk mempercepat program pengujian, prototipe pertama SSJ-100NEW menggunakan mesin SaM146 Perancis-Rusia.

Dalam waktu dekat, prototipe kedua akan memulai program uji terbang dengan mesin PD-8 buatan dalam negeri, yang saat ini sedang menjalani serangkaian uji darat dan uji terbang sebagai bagian dari laboratorium penerbangan Il-76LL.

“Penerbangan Superjet hari ini dengan sistem Rusia adalah hasil upaya bersama yang besar dari tim desain dan tim pabrik, yang dalam waktu singkat, termasuk untuk industri penerbangan global, mengembangkan, merakit, dan mengangkat pesawat yang praktis baru”, kata Yury Slyusar, Direktur Jenderal United Aircraft Corporation.

Tugas ambisius berikutnya, lanjut Slyusar, adalah menyertifikasi pesawat tersebut dengan tampilan khas Rusia dan memulai pengiriman serial ke maskapai tersebut.”

Menurut Andrey Boginsky, Direktur Jenderal PJSC Yakovlev, SSJ-100 telah menjadi perwujudan praktik terbaik industri penerbangan dalam negeri, dengan mempertimbangkan pengalaman mengembangkan, menyertifikasi, dan mengoperasikan lebih dari 200 pesawat Superjet dalam beberapa tahun terakhir.

“Empat tahun telah berlalu sejak awal desain awal hingga penerbangan pertama – mengingat banyaknya pekerjaan desain, ini adalah waktu yang mendekati rekor, di tingkat pabrikan terkemuka dunia. Waktu yang sama misalnya dihabiskan untuk pembuatan A320neo, terlebih lagi untuk Boeing 737MAX, ”ujarnya.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *