Jet F-16 pasukan koalisi pimpinan AS ganggu penerbangan Su-35 Rusia di Suriah

F-16 dan Su-35 _ Airspace Review (1)Istimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Bila sebelumnya dilaporkan pesawat-pesawat tempur Rusia mengganggu penerbangan pesawat Amerika Serikat maupun pesawat pasukan koalisi pimpinan AS, kini kecenderungannya pesawat-pesawat AS atau pesawat pasukan koalisi yang mengganggu pesawat Rusia.

Hal ini seperti yang terjadi lagi di Suriah di mana sebuah pesawat F-16 mengganggu penerbangan Su-35 Rusia yang terencana di dekat perbatasan Suriah.

Hal itu dikatakan oleh Wakil Kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia untuk Suriah Laksamana Muda Vadim Kulit seperti diwartakan TASS pada 24 Agustus.

“Pada pukul 10:30 tanggal 23 Agustus, di daerah At-Tanf, sebuah jet tempur F-16 ‘koalisi’ mendekati pesawat Su-35 Angkatan Udara Rusia yang sedang melakukan patroli terencana di perbatasan selatan Suriah pada ketinggian sekitar 6.500 meter. Pilot Rusia menunjukkan profesionalisme yang tinggi dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah tabrakan,” ujar Kulit.

Ditambahkan, dengan tindakan semacam itu, koalisi pro-Amerika terus menciptakan prasyarat berbahaya bagi insiden penerbangan dan keadaan darurat serta memperburuk situasi di wilayah udara Suriah.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *