Pertama Kali, Italia Kerahkan 6 F-35A untuk Patroli Udara di Kawasan Islandia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Italia menjadi negara pertama yang mengerahkan enam jet tempur siluman F-35A Lightning II untuk melaksanakan patroli udara di kawasan Islandia.

Kawanan β€˜Si Petir’ akan ditempatkan di Keflavik Air Base, Islandia selama tiga minggu guna mendukung misi operasi yang dilaksanakan oleh NATO.

NATO dalam keterangannya menyatakan, F-35 Angkatan Udara Italia (Aeronautica Militare/AM atau Italian Air Force/ItAF) mencapai fase operasional penuh pada November 2018 lalu.

AM, lanjut NATO, telah berhasil membuktikan kapabilitas performa multiperan dan fleksibilitas jet tempur generasi kelima ini.

Italian-Air-Force-F-35A
ItAF

Italia dalam perencanaan awal akan membeli 90 F-35 terdiri dari 60 F-35A dan 30 F-35B. Namun jumlah itu tampaknya akan dikurangi.

BACA  Mock-Up TF-X, Jet Tempur Siluman Turki Hadir di Paris Air Show 2019

Tahun ini, ItAF telah menerima sedikitnya 11 F-35, terdiri dari 10 F-35A dan satu F-35B. Sebanyak 25 pilot telah dilatih menjadi penerbang tempur F-35.

Italian-F-35
ItAF

Empat F-35A milik ItAF digunakan untuk pelatihan pilot di Luke Air Force Base, Arizona, Amerika Serikat untuk pelatihan para pilotnya.

Sementara unit lainnya dioperasikan di Amendola Air Base, wilayah bagian selatan Negeri Pizza.

Roni Sontani

One Reply to “Pertama Kali, Italia Kerahkan 6 F-35A untuk Patroli Udara di Kawasan Islandia”

  1. Berani gk amerika membuat f35 duble engine dan membuat f35 lebih besar/panjang seukuran f22 sehingga memungkinkan membawa senjata dan bahan bakar lebih banyak????? Ni pespur pembodohan amerika terhadap sekutu2nya, lha dah tau ni pespur pembodohan tp masih aje banyak orang indonesia terutama fans boy barat yg menginginkan indonesia membeli pespur ini,,,paraaahhhh πŸ™†β€β™‚οΈπŸ€¦β€β™‚οΈ πŸ˜‚πŸ€£

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *