Australia akan membangun Fasilitas Pelapisan Khusus F-35 agar kesilumanannya tetap terjaga

F-35 Coating Facility_ Lockheed MartinLockheed Martin
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Australia akan membangun Fasilitas Pelapisan Khusus F-35 Lightning II untuk menjaga agar sifat siluman pesawat tempur generasi kelima ini tetap terjaga.

Fasilitas Pelapisan jet tempur F-35 tersebut akan dibangun di Bandara Newcastle, Williamtown, New South Wales, Australia.

Boeing_contoh2

Ini adalah fasilitas pelapisan khusus pertama di Australia. Cat khusus akan diterapkan pada pesawat F-35 untuk memastikan bahwa pesawat tersebut hampir tidak terlihat oleh radar musuh.

Pekerjaan ini sangat penting untuk kemampuan tempur udara Australia, tulis Pemerintah Australia.

Fasilitas baru didirikan melalui kemitraan dengan BAE Systems Australia yang bertanggung jawab atas kegiatan pemeliharaan, perbaikan, perombakan dan peningkatan armada pesawat F-35A Australia.

Untuk diketahui, saat ini Angkatan Udara Australia (RAAF) telah menerima 63 unit F-35A dari 72 unit yang dipesan.

Dikatakan, pembangunan fasilitas ini akan menciptakan hingga 25 lapangan kerja lokal baru dan menjadi bagian integral dari tim yang lebih besar lagi yang terdiri dari sekitar 360 pekerja lokal yang telah mengoperasikan F-35A di Bandara Newcastle.

Desain fasilitas pelapisan akan selesai pada akhir tahun ini, dan konstruksinya diperkirakan akan dimulai sekitar pertengahan tahun 2024.

Boeing

Proyek ini diperkirakan menelan biaya lebih dari 100 juta dolar Australia dan melibatkan lebih dari 100 lapangan kerja lokal dalam tahap konstruksi.

Hingga saat ini, hanya F-35A Australia yang telah menjalani perawatan oleh BAE di Bandara Newcastle.

Fasilitas pelapisan baru ini akan mendukung pemeliharaan armada F-35A lainnya yang beroperasi di Indo-Pasifik, mengubah Bandara Newcastle menjadi hub regional masa depan.

Keberlanjutan dan peningkatan di Newcastle selama 30 tahun ke depan akan mendukung hingga 750 pekerjaan langsung dan tidak langsung di seluruh Australia.

Sejauh ini, lebih dari 70 perusahaan Australia telah memiliki kontrak yang berkontribusi pada program F-35.

Selain BAE Systems Australia, perusahaan lain di Hunter yang berkontribusi terhadap kesuksesan ini adalah Nupress Group dan Varley Group.

“Ini adalah mosi percaya pada Hunter yang memastikan pesawat kelas dunia ini akan beroperasi dan dipertahankan dari Bandara Newcastle selama beberapa dekade mendatang,” ujar Menteri Industri Pertahanan Australia, Pat Conroy.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *