Angkatan Darat Spanyol akan mendapatkan 400 kendaraan tempur baru VAC buatan dalam negeri

VACSpanish DoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Spanyol pada 22 Agustus 2023 telah diberi wewenang untuk memulai kontrak senilai hampir 2 miliar euro.

Kontrak tersebut untuk pembelian 400 kendaraan lapis baja multiguna baru VAC (Vehículo de Apoyo de Cadenas) bagi Angkatan Darat Spanyol.

Boeing_contoh2

Pengadaan 400 unit VAC dalam berbagai konfigurasi ini untuk menggantikan kendaraan tempur (ranpur) M133 TOA (Transporte Oruga Acorazado).

Kontrak diharapkan akan diberikan dalam beberapa bulan mendatang kepada konsorsium Spanyol, Tess Defense.

Konsorsium ini terdiri dari perusahaan pertahanan Santa Bárbara Sistemas, Indra, Sapa Placencia, dan Escribano, yang juga bertanggung jawab atas program VCR 8×8 Dragón.

Ranpur baru buatan dalam negeri ini akan menggantikan kendaraan lapis baja TOA M113 buatan Amerika Serikat yang telah menua. VAC didasarkan pada platform Ascod.

VAC menawarkan tingkat perlindungan tinggi terhadap ranjau, IED (Improvised Explosive Devices), dan proyektil kaliber tertentu.

Kendaraan akan tersedia dalam berbagai versi, termasuk pos komando, transportasi personel, pengangkut mortir, antitank, ambulans, pemulihan, dan kargo.

Boeing

Kendaraan baru ini akan meningkatkan kemampuan mobilitas, perlindungan, dan daya tembak AD Spanyol.

Menurut rencana, transisi dari TOA M113 ke VAC akan dilakukan secara bertahap, dan berakhir pada tahun 2035 mendatang.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *