Dukung pengadaan helikopter S-70M Black Hawk oleh Kemhan RI, PTDI bekerja sama dengan Lockheed Martin

PTDI tandatangani HOA dengan Lockheed Martin untuk pengadaan heli S-70M Black Hawk KemhanVia PTDI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Gita Amperiawan dan Vice President of Global Business Development Sikorsky (bagian dari Lockheed Martin) Jeff White menandatangani Head of Agreement (HOA) pengadaan helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk untuk Kementerian Pertahanan RI.

Penandatanganan disaksikan oleh Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto dan Wakil Menteri BUMN RI Rosan Roeslani di fasilitas Lockheed Martin, Washington, seperti disiarkan PTDI (23/8).

Sebagai industri pertahanan di bawah Holding Defend ID, PTDI siap mendukung Kementerian Pertahanan RI untuk menjalankan pengadaan helikopter dimaksud. Dalam hal ini, PTDI melakukan kemitraan strategis dengan Sikorsky untuk bersama-sama membangun industri nasional dalam rangka pemenuhan kebutuhan Kementerian Pertahanan RI.

“Kesepakatan ini menunjukkan komitmen bersama kami dengan PTDI untuk menyediakan helikopter S-70M Black Hawk untuk melayani kebutuhan keamanan Indonesia,” kata Presiden Sikorsky Paul Lemmo.

Ia menambahkan, helikopter Black Hawk dirancang dan dibangun dengan standar militer terberat, dan dapat dengan cepat serta andal mengirimkan personel dan pasokan ke populasi yang tersebar secara geografis di wilayah kepulauan besar seperti Indonesia.

HOA dijadikan sebagai landasan kerja sama antara kedua pihak, di mana kedepannya Sikorsky akan mendukung dan memberikan otorisasi kepada PTDI untuk melakukan assembly terhadap sistem utama, operasi (inspection, ground and production flight testing), modifikasi, dan system upgrade.

“Kami yakin kerja sama strategis antara PTDI dan Sikorsky ini akan menghasilkan nilai tambah yang diperoleh atas kemampuan PTDI dalam integrasi, kustomisasi, modifikasi dan peningkatan sistem untuk penyelesaian helikopter,” kata Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan.

Lebih lanjut, kata dia, kerja sama ini memungkinkan PTDI untuk bisa melakukan MRO pada helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk berikut sistem dan mesinnya.

Selain itu, dengan menjadi pemasok resmi Sikorsky, PTDI juga dapat mengembangkan bisnis aerostructure-nya, kata Gita.

Diharapkan, dengan adanya kerja sama ini dapat memberikan hasil yang positif untuk kedua belah pihak dan tercapainya penyelesaian program helikopter hingga diserahkan ke Kementerian Pertahanan RI, serta membuka peluang yang lebih besar untuk kerja sama bisnis lainnya dengan Lockheed Martin di kemudian hari.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *