UH-60 Black Hawk pertama untuk Angkatan Udara Portugis mengudara perdana

UH-60 Black Hawk PortugisFAP

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Helikopter UH-60 Black Hawk pertama untuk Angkatan Udara Portugis (FAP) mengudara perdana di Bandara Kota Enterprise, Alabama, Amerika Serikat pada 17 Agustus 2023.

Helikopter ini dimodifikasi oleh Arista Aviation Services (AAS) menjadi helikopter pemadam kebakaran dan misi dukungan lainnya.

Ini adalah helikopter pertama dari enam yang diakuisisi oleh Portugis.

Penerbangan perdana UH-60 untuk FAP dilakukan oleh awak AAS sekitar 30 menit, menurut FAP.

Penerbangan lebih lanjut akan dilaksanakan di mana semua sistem dan peralatan helikopter akan diuji untuk memastikan kelaikan udara heli ini.

Setelah menjalani pengujian, helikopter UH-60 akan diserahkan kepada FAP pada bulan September.

Sebelumnya pada 31 Agustus 2022 Portugis mengakuisisi enam unit UH-60 Black Hawk yang dibangun oleh Sikorsky untuk memperkuat kapasitas negara dalam memerangi kebakaran hutan.

Kontrak mencakup penyediaan peralatan dan perkakas, bantuan pemeliharaan teknis hingga 2026 serta pelatihan enam pilot dan 21 mekanik.

Helikopter UH-60 Black Hawk dapat mengangkut tim yang terdiri dari 12 petugas pemadam kebakaran dan perlengkapannya. Heli dapat membawa air dengan volume hingga 2.950 liter air.

Helikopter Black Hawk akan melengkapi lima armada heli FAP lainnya yaitu helikopter AW119MK II Koala yang bermesin tunggal. Heli ini didapat dari Leonardo Italia melalui kontrak tahun 2018.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *