Drone kamikaze Ukraina serang Pangkalan Udara Soltsy Rusia, satu Tu-22M3 rusak

Drone Ukraina serang pembom Tu-22M3 di Pangkalan Udara Soltsy _ Airspace ReviewIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan drone kamikaze pasukan Ukraina telah menyerang Pangkalan Udara Soltsy di Wilayah Novgorod.

Diketahui, pangkalan tersebut merupakan markas bagi pembom strategis Angkatan Dirgantara (VKS) Rusia Tu-22M3.

Boeing_contoh2

Beredar foto di media sosial, asap tebal membumbung ke udara akibat serangan drone yang belum diketahui jenisnya tersebut.

Serangan tersebut mengakibatkan kebakaran di tempat parkir pesawat, yang segera dipadamkan. Satu pesawat rusak, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan seperti diwartakan Defence Blog (19/8).

Soltsy adalah pangkalan udara di Oblast Novgorod, Rusia, terletak 2 km sebelah utara Soltsy dan 72 km barat daya Novgorod. Dari wilayah Ukraina ke Soltsy setidaknya berjarak 675 km.

Pangkalan ini adalah rumah bagi Resimen Penerbangan Komposit ke-40, yang menerbangkan Tu-22M3 sebagai bagian dari Divisi Penerbangan Pengebom Berat Pengawal ke-22.

Selama Operasi Militer Khusus di Ukraina, pembom Tu-22M3 menjadi andalan VKS untuk meluncurkan rudal jelajah menyerang target-target strategis di seluruh wilayah Ukraina.

Sekali terbang, sebuah Tu-22M3 dapat membawa tiga rudal Kh-22/Kh-32, atau empat-enam rudal Kh-15, atau empat Kh-47M2 Kinzhal.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *