Army-2023: Senapan antimaterial Rusia MC-572 Astarta diluncurkan, dijuluki Barrett Killer

MC-572 AstartaIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam penyelenggaraan Forum Teknis-Militer Internasional Army-2023 di Rusia, banyak produk baru diluncurkan. Salah satunya adalah senapan runduk antimaterial MC-572 Astarta kaliber 12, 7 mm.

Produk terbaru dari Rostec ini dijuluki “Barrett Killer”, yang dengan jelas merujuk pada senapan antimaterial Amerika Serikat yang terkenal.

Airbus_contoh2

Dilihat dari karakteristiknya, MC-572 Astarta dapat disebut sebagai ‘pembunuh’ dari senapan terkenal di kelas ini, Barrett M82, seperti dikutip dari Army Recognition (18/8).

Menurut perwakilan Rostec, MC-572 Astarta memiliki berat lebih ringan, lebih terjangkau, dan lebih akurat daripada rekan Barrett M82, namun dengan tetap mempertahankan keandalan yang sama.

Ditambahkan, dalam uji komparatif, Barrett M82 berhasil mengelompokkan lima tembakan dalam 6 cm, sedangkan MC-572 Astarta’ mencapai pengelompokan 1,5 cm.

Lalu kelebihan lainnya, saat mengganti mode tembakan dari otomatis ke tembakan tunggal, akurasi yang dicapai sebanding dengan senapan dengan mekanisme bolt-action.

Rencana persiapan untuk mulai memproduksi secara massal MC-572 Astarta, dibutuhkan waktu sekitar empat bulan.

Setelah itu, senjata akan diuji langsung dalam medan tempur Ukraina untuk memberikan penilaian nyata atas kinerjanya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *