Maroko menerima sistem rudal pertahanan udara Barak MX dari Israel

Barak MXIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Maroko dilaporkan telah menerima pengiriman awal sistem rudal pertahanan udara canggih Barak MX yang diproduksi oleh Israel.

Pengiriman ini berasal dari kontrak senjata senilai 500 juta dolar AS yang ditandatangani oleh kedua negara pada November 2021.

Saat ini, program pelatihan personel dari Maroko sedang dilakukan untuk membiasakan mereka dengan pengoperasian sistem Barak MX.

Sesi pelatihan ini berlangsung baik di Maroko dan Israel, dengan kesiapan operasional penuh sistem ini diproyeksikan pada akhir 2023.

Mengenai Barak MX adalah sistem rudal pertahanan udara yang dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan Israel Aerospace Industries (IAI).

Sistem ini menggunakan peluncur pintar terpadu yang dilengkapi dengan pencegat yang dirancang untuk jarak pendek, menengah, dan jauh.

Komponen utama sistem Barak MX termasuk Battle Management Center (BMC) untuk untuk menghasilkan dan mengelola gambar udara multi-sensor terpadu, mengoordinasikan jaringan operasi pasukan, dan mengelola baterai peluncur.

Lalu unit Transporter Erector Launcher (TEL) yang dipasang pada sasis truk dengan dua baris berisi empat kontainer peluncur rudal.

TEL dapat meluncurkan tiga jenis rudal, termasuk Barak MRAD yakni rudal jarak pendek dan menengah, dengan motor roket dorong tunggal berjarak tembak maksimum 35 km.

Sementara Barak LRAD adalah rudal jarak jauh yang ditenagai oleh motor roket dorong ganda untuk menjangkau sasaran hingga 70 km.

Sedangkan rudal Barak ER versi jarak jauh menggunakan motor roket dorong ganda dan booster tambahan untuk mencapai jangkauan hingga 150 km, meningkatkan kemampuan untuk melawan rudal balistik teater (TBM).

Selain itu, sistem Barak MX dapat diintegrasikan dengan radar phased-array IAI yang sepenuhnya digital, tersedia dalam berbagai ukuran dan konfigurasi.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *