CV9040C IFV sitaan Rusia telah sampai di Kubinka sebagai trofi perang

CV9040C sitaan Rusia dari Ukraina_ MoD _ airspace reviewRussian MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada akhir Juli 2023 sebuah Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) CV9040C yang dioperasikan pasukan Ukraina rusak akibat tembakan Rusia. Kendaraan tempur (ranpur) tersebut kemudian ditinggalkan oleh krunya.

Dikatakan bahwa komandan ranpur tersebut tewas akibat serangan tersebut.

Sebelum bulan Juli berakhir, kendaraan yang sama terlihat bersama dengan tentara Rusia. Beredar video CV9040 tengah dimuat ke truk transporter.

Dilaporkan ranpur buatan Swedia tersebut diangkut ke Oblast Moskow untuk inspeksi potensial dan bisa jadi akan menjadi penghuni Museum Tank Kubinka.

Kini telah dirilis video baru mengenai CV9040 tersebut yang tengah menjalani inspeksi jarak dekat oleh Menteri Pertahanan Federasi Rusia Sergei Shoigu.

Tampak tentara Rusia membantu menjelaskan mengenai ranpur tersebut pada Shoigu.

Sang Menteri juga juga memeriksa beberapa isi yang diambil dari kendaraan, termasuk makanan kaleng dan peluru kaliber 40 mm untuk Bofors L/70.

Mereka bahkan memeriksa kamuflase Barracuda yang dipasang pada CV9040. Video ini juga memperhatikan kerusakan yang terjadi pada turret ranpur.

Disebut-sebut, CV9040 IFV ini akan dipajang dalam International Military-Technical Forum ARMY 2023 di Kubika pada 15-17 Agustus 2023 sebagai trofi perang.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *