Belarus dan Iran produksi drone Shahed-136 untuk dukung Rusia

Drone Shahed-136Istimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Belarus dan Iran dilaporkan telah menjajaki kemungkinan kesepakatan untuk produksi drone Shahed-136, menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh ISW pada 31 Juli 2023.

Perkembangan ini dapat memiliki implikasi yang signifikan bagi kawasan tersebut dan konflik Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung.

Pada 31 Juli 2023, Menteri Pertahanan Belarusia Letnan Jenderal Viktor Khrenin mengunjungi Iran untuk pertemuan resmi dengan Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Mohammad Reza Ashtiani.

Dalam pertemuan ini, Nota Kesepahaman dan rencana kerja sama militer bilateral untuk tahun 2023 ditandatangani, yang menunjukkan peningkatan kemitraan dalam masalah pertahanan antara kedua negara.

Laporan awal menunjukkan bahwa Iran menyatakan minatnya untuk mengubah pabrik di Oblast Gomel Belarus menjadi fasilitas produksi untuk drone Shahed-136.

Namun, spesifikasi dari kesepakatan potensial apa pun masih harus dieksplorasi lebih lanjut.

Rencana Iran untuk meningkatkan pengiriman senjata ke Rusia, termasuk drone dan rudal permukaan ke permukaan, telah menimbulkan kekhawatiran.

Perpindahan ini dilakukan melalui jalur udara dan laut, memanfaatkan maskapai milik rezim Iran dan jalur maritim di Laut Kaspia.

Kemungkinan produksi drone Iran di Belarus dapat menawarkan Rusia rute yang lebih mudah diakses untuk mendapatkan drone ini dan meningkatkan kemampuan militernya dalam konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.

Jika kesepakatan yang dilaporkan untuk produksi drone Shahed-136 di Belarus terwujud, itu bisa menandakan perkembangan yang signifikan dalam aliansi strategis antara Rusia dan Iran.

Membangun jalur produksi di Belarus akan memungkinkan Rusia untuk mengisi kembali persenjataannya secara efisien dengan sistem senjata yang hemat biaya namun kuat.

Drone Shahed-136 telah memainkan peran penting dalam kampanye militer Rusia di Ukraina, mengalahkan pertahanan udara Ukraina dan menargetkan lokasi-lokasi penting.

Shahed 136 (Persia: secara harfiah Witness-136) adalah sebuah drone kamikaze atau amunisi berkeliaran yang dirancang oleh Industri Penerbangan Shahed dan manufakturnya dilakukan oleh HESA.

Drone didapuk untuk menyerang target darat dari jarak jauh, yang bisa diluncurkan dalam kelipatan secara simultan (dalam batch lima ke atas).

Dengan sosoknya yang kecil, drone bersayap delta ini bisa menghindari pertahanan udara lawan dan menyerbu sasaran secara bersamaan atau sendiri-sendiri dengan target yang berbeda.

Untuk spesifikasinya, Shahed-136 memiliki panjang 3,5 m, lebar sayap 2,5 m dengan bobot sekitar 200 kg.

Bagian hidung berisi hulu ledak (40 kg) serta optik yang diperlukan untuk serangan presisi. Sistem panduan GLONASS Otonom.

Drone diluncurkan hampir secara horizontal dengan sudut sedikit ke atas dan dibantu dalam fase awal penerbangan dengan bantuan peluncuran roket (RATO).

Roket dibuang segera setelah peluncuran, di mana mesin piston empat silinder Mado MD-550 konvensional buatan Iran (mungkin Limbach L550E yang direkayasa balik).

Shahed-136 atau disebut Geran-2 oleh Rusia ini, memiliki performa dengan kecepatan maksimum 185 km/jam, dengan jangkauan operasi diperkirakan antara 1.800 dan 2.500 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *