IDEF 2023: Calidus perkenalkan kendaraan peluncur untuk rudal Alheda dan roket berpemandu Logir

Kendaraan peluncur rudal dan roket dari Calidus_ airspace reviewIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Bertempat dalam pameran pertahanan IDEF 2023 di Istanbul, Turkiye perusahaan Calidus dari Uni Emirat Arab (UEA) meluncurkan kendaraan peluncur rudal Alheda dan roket berpemandu Logir. Kedua persenjataan diintegrasikan pada sasis kendaraan lapis baja MCAV-20.

Hal ini memberi kelebihan di mana sistem rudal kokoh, terlindungi, dan mampu bergerak dengan cepat dan efektif melintasi medan yang berat.

Boeing_contoh2

Turet senjata dapat berotasi azimuth 360 derajat dan rentang elevasi hingga 45 derajat.

Mengenai MCAV-20 4X4, pertama kali diperkenalkan dalam pameran pertahanan IDEX 2021 di Abu Dhabi. Kendaraan didukung oleh mesin diesel Cummins 6,700 cc, menghasilkan daya 300 hp yang dapat mencapai kecepatan maksimum 110 km/ jam serta memiliki jangkauan 800 km.

MCAV-20 menawarkan perlindungan balistik yang tahan terhadap tembakan senjata kaliber kecil dan serpihan munisi artileri. Selain itu dapat bertahan dari ledakan ranjau.

Sementara rudal Alheda, merupakan keluarga rudal darat ke darat atau darat ke udara yang memiliki jangkauan tembak hingga 10 km dan akurasi yang ditingkatkan terhadap target tetap dan bergerak.

Rudal berbobot 37 kg, diameter 14 cm, dan panjang 1,8 m ini mengadopsi sistem panduan canggih yang terdiri dari INS (mid-course) dan Semi-Active Laser (SAL) atau Image Infrared (IIR) seeker untuk panduan terminal.

Salah satu fitur menarik dari rudal ini adalah kemampuannya untuk dilengkapi dengan berbagai hulu ledak yang dapat dipertukarkan. Baik itu hulu ledak berdaya ledak tinggi untuk target berat, atau hulu ledak antitank untuk melawan kendaraan lapis baja.

Produksi rudal Alheda dilakukan oleh Calidus bermitra dengan Tawazun Technology and Innovation (TTI) yang berbasis di UEA.

Kemudian mengenai Logir, ini merupakan roket berpemandu yang dilengkapi dengan IIR, yang memungkinkannya mendeteksi dan melacak target dengan presisi.

Untuk memastikan lintasan yang akurat menuju target, roket berpemandu ini juga menggabungkan Sistem Navigasi Inersia (INS) berbasis MEMS untuk navigasi waktu nyata.

Logir memiliki berat 15 kg dan panjang 1,9 m dengan hulu ledak 4 kg. Tersedia dalam delapan roket dalam satu pod.

Jangkauan tembak terdekatnya 1,5 km dan terjauh hingga 8 km yang dapat digunakan menyasar beragam target darat.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *