F-16 TNI AU dan Rafale Prancis latihan pengisian bahan bakar di udara dengan A330 MRTT

Latihan pengisian bahan bakar di udara A330 MRTT dan F-16TNI AU

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tiga jet tempur F-16 TNI Angkatan Udara dan satu jet tempur Rafale serta satu pesawat tanker A330 MRTT milik Angkatan Udara dan Antariksa Prancis (AAE) telah melaksanakan penerbangan bersama di langit Kota Madiun, Jawa Timur pada 25 Juli 2023.

Mereka terbang di Selatan Training Area Lanud Iswahjudi, melaksanakan latihan pengisian bahan bakar di udara (Dry Air-to-Air Refueling Exercise).

Keempat pesawat tempur secara bergantian melaksanakan Dry AAR pada ketinggian 2.000 kaki.

Saat joint flight, Rafale versi tandem turut diawaki oleh Mayor Pnb Dedi “Kingbee” Andres S (backseat), dari Skadron Udara 1 Wing 7 Lanud Supadio, Pontianak.

Joint flight dan pelaksanaan Dry AAR Exercise ini, merupakan bagian dari misi Pegase Angkatan Udara Prancis di Indonesia.

Sebanyak 13 pesawat (6 Rafale, 4 A-400M dan 3 A-330 MRTT) milik AAE dilibatkan pada misi Pegase 23 yang akan berlangsung selama sepekan tersebut.

Dalam kegiatan ini, AAE dan TNI AU juga melaksanakan Subject Matters Experts Briefing untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, antarpenerbang kedua angkatan udara.

Agenda lainnya adalah melaksanakan static dan flying display sejumlah pesawat Angkatan Udara Prancis di Terminal Selatan, Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *