Türkiye dan UEA menandatangani 13 kesepakatan senilai 50,7 miliar dolar AS

Tukiye dan Uni Emirat ArabReuters

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Türkiye dan Uni Emirat Arab (UEA) pada hari Rabu menandatangani total 13 kesepakatan senilai 50,7 miliar dolar AS, kata Direktorat Komunikasi Turki seperti diberitakan Anadolu Agency.

Direktorat tersebut mengatakan bahwa kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan untuk membentuk Dewan Strategis Tingkat Tinggi, yang akan diketuai oleh presiden Türkiye dan UEA.

Hubungan Türkiye dengan UEA telah ditingkatkan ke tingkat kemitraan strategis sebagai hasil dari perjanjian tersebut, ujarnya.

“Para pihak juga memutuskan untuk memajukan kerja sama yang ada di bidang-bidang seperti energi, transportasi, infrastruktur, logistik, e-commerce, keuangan, kesehatan, makanan, pariwisata, real estate, konstruksi, industri pertahanan, kecerdasan buatan, dan teknologi canggih,” kata pernyataan itu.

“Nilai total perjanjian yang ditandatangani di bidang ini bernilai $50,7 miliar,” tambahnya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa negaranya akan memastikan bahwa hubungan dengan UEA ditangani secara teratur di tingkat tertinggi melalui mekanisme Dewan Strategis Tingkat Tinggi.

Pernyataannya disampaikan saat Erdogan dan Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan memimpin pembicaraan tingkat delegasi di Istana Al Watan di Abu Dhabi.

Mengekspresikan kepuasan dengan pengembangan dialog dan kerja sama yang erat pada peringatan 50 tahun hubungan diplomatik dengan UEA, Erdogan mengatakan Türkiye bertujuan untuk memperkuat infrastruktur hukum dengan UEA di berbagai bidang termasuk promosi investasi, keamanan, energi terbarukan, dan transportasi.

“Dengan perjanjian bersama yang akan kami tanda tangani, kami akan meningkatkan hubungan kami ke tingkat kemitraan strategis,” kata Erdogan.

“Kami merasa bermanfaat untuk menyelenggarakan Forum Perdagangan dan Investasi di Istanbul pada musim gugur untuk memperkenalkan perjanjian tersebut ke dunia bisnis kami,” lanjutnya.

Erdogan mengatakan bahwa kerja sama antara kedua negara akan semakin maju dengan Pameran Industri Pertahanan Internasional (IDEF) yang akan diadakan di Istanbul pada 25-28 Juli.

Dia mengungkapkan rasa senangnya diundang sebagai tamu kehormatan di Abu Dhabi International Book Fair.

Al Nahyan juga menganugerahi Erdogan dengan Order of Zayed, penghargaan sipil tertinggi di UEA.

Erdogan memulai tur Teluk tiga negara pada hari Senin dengan Arab Saudi, diikuti oleh Qatar. UEA adalah perhentian terakhirnya.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *