AD Thailand terima gelombang pertama meriam LG1 Mk. III 105 mm

Meriam LG1 Mk. III 105 mmAAG_Th

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sejumlah meriam derek (towed) LG1 Mk. III 105 mm beserta kendaraan penariknya, dilaporkan segera diserahterimakan kepada Angkatan Darat Thailand (RTA).

Perwakilan Thailand dari perusahaan pertahanan Prancis Nexter telah merilis foto-foto meriam LG1 105 mm yang dijadwalkan untuk dikirim ke RTA.

Pengiriman ini merupakan batch pertama terdiri dari enam LG1 Mk lll terbaru kaliber 105 mm. Termasuk enam kendaraan penariknya Land Rover Defender 4X4, serta perangkat sistem kendali tembakan digital dan aksesori terkait.

Melansir APDJ (7/2), pesanan sebanyak 12 unit untuk melengkapi dua baterai ini sebagai bagian dari kesepakatan senilai 24,7 juta dolar antara RTA dengan perusahaan Thailand United Defense Technology (UDT) pada tahun 2021.

Sistem artileri medan ini selanjutnya akan ditugaskan dengan Batalyon Artileri ke-11 RTA, Resimen Artileri ke-1, Pengawal Raja Brigade ke-1, dan akan menggantikan sistem lama.

Pengiriman sisa pesanan pada batch kedua, disebutkan akan dilaksanakan pada tahun 2023 ini juga.

Keluarga meriam LG1 ini memiliki bobot yang ringan, sehingga dapat dengan mudah ditarik menggunakan kendaraan taktis ringan sekalipun.

Juga dapat digeser lewat udara menggunakan helikopter kelas medium digantung di bawah badannya, atau dimasukkan ke dalam perut pesawat angkut sekelas C-130 Hercules.

Sebelum mengakuisisi meriam LG1 Mk. III 105 mm, militer Thailand sudah memiliki dan mengoperasikan sejumlah LG1 generasi sebelumnya yakni MK ll.

-RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *