EDGE dari UEA perkenalkan kendaraan lapis baja Ajban Mk 2

Ajban Mk2

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – EDGE, Grup pertahanan dan keamanan yang berkantor pusat di Abu Dhabi, telah meluncurkan kenderaan lapis baja Ajban Mk2.

Generasi pertama Ajban pertama kali diluncurkan di IDEX 2021 yang dikembangkan oleh NIMR Automotive, anak perusahaan EDGE.

Generasi baru Ajban Mk 2 dirancang dengan mempertimbangkan pengalaman pengguna, yang dapat mengatasi berbagai ancaman di medan perang modern.

Mengadopsi desain V-hull monocoque untuk menghadapi ledakan ranjau darat dan IED (bahan peledak improvisasi).

Ajban Mk 2 sendiri telah menjalani uji ledakan ranjau darat yang dilakukan bekerja sama dengan LAHAB, mengikuti standar internasional.

Hasil tes ini telah menunjukkan kemampuan kendaraan untuk menahan ledakan kuat, khususnya menargetkan area depan dan lambung.

Untuk spesifikasinya, Ajban Mk 2 memiliki dimensi panjang sekitar 5,62 m, lebar 2,35 m, dan tinggi 2,39 m, dengan berat kotor (GVW) 11.500 kg.

Kapasitas muatannya 2,9 ton atau dua kali lipat dari Ajban generasi pertama. Kabinnya dapat menampung lima-tujuh prajurit termasuk pengemudi.

Sebagai penggeraknya, Ajban Mk 2 ditenagai oleh mesin diesel yang menghasilkan daya 296 hp. Dapat melaju dengan kecepatan maksimum 110 km/jam dan daya jelajah maksimal sekitar 700 km.

Kendaraan dapat dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 12,7 mm atau peluncur granat otomatis 40 mm yang dipasang di atas atapnya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *