Tentara Rusia gunakan peluncur roket Frankenstein di Ukraina

Peluncur roket FrankensteinIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tentara Rusia telah membangun sistem peluncur roket Frankenstein di medan tempur Ukraina, dengan mempersenjatai truk pikap UAZ Patriot dengan pod roket UB-32.

Sebuah video yang beredar online menunjukkan setidaknya satu sistem yang menembakkan roket tak berpandu S-5 di suatu tempat di wilayah Zaporizhzhia.

Airbus_contoh2

Pod UB-32 biasa digunakan oleh jet serang seperti Su-25, MiG-27 serta helikopter serang seperti Mi-24 dan Mi-28. Dapat meluncurkan hingga 32 batang roket S-5 kaliber 57 mm.

Pod UB-32 dan roket S-5 ini dikembangkan era Uni Soviet dan digunakan untuk menyerang target di darat, peralatan ini masih digunakan oleh Rusia dan banyak negara lainnya.

Roket berbahan bakar padat ini dibekali hulu ledak berdaya ledak tinggi dengan sekering tumbukan mekanis.

Di bagian belakang roket terdapat nozel knalpot yang memanjang, dengan delapan sirip lipat yang otomatis terbuka saat meluncur keluar dari tabung untuk menstabilkan penerbangan roket.

Roket S-5 ini dapat diandalkan untuk menyerang kelompok pasukan, kendaraan militer, ataupun perkubuan musuh.

Penggunaan tabung peluncur roket bekas pesawat atau helikopter serang yang dipasangkan kepada kendaraan sipil ini sendiri telah lama digunakan oleh pejuang Mujahidin Afghanistan juga pasukan pemberontak di kawasan Timur Tengah dan Afrika.

RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *