Pusat perawatan dan modifikasi F-35 dibangun Kongsberg di Norwegia, terbuka untuk negara lain

F-35A NorwegiaRNoAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kongsberg membangun depot perawatan dan modifikasi jet tempur F-35 Lightning II di Norwegia. Fasilitas baru ini tidak hanya melayani F-35 Angkatan Udara Norwegia saja, tetapi juga terbuka bagi layanan pemeliharaan F-35 milik negara lain.

Kongsberg Defense & Aerospace mengumumkan pada 25 Juni bahwa mereka sedang membangun depot baru di Norwegia untuk melayani armada F-35. Perkiraan investasi sebesar NKr 500 juta (46,6 juta USD). Pusat layanan ini dijadwalkan selesai pada paruh kedua tahun 2025.

Depot baru yang dibangun di Rygge ini akan menjadi bagian dari solusi pemeliharaan global untuk meningkatkan ketersediaan operasional armada F-35, di mana Kongsberg akan melakukan peningkatan, modifikasi, dan peningkatan pesawat di masa mendatang selama masa pakainya, kata perusahaan.

Pangkalan utama di ├śrland akan terus menjadi tempat pemeliharaan pengguna oleh Angkatan Udara, sementara pemeliharaan berat dilakukan di depot regional di Cameri, Italia.

Kongsberg Aviation Maintenance Services (KAMS) awalnya menandatangani kontrak dengan Pratt & Whitney untuk fasilitas perawatan mesin pesawat tempur F-35 di Rygge di Norwegia pada tahun 2020, salah satu dari lima fasilitas yang akan dikembangkan di seluruh dunia untuk mesin F135, diproduksi oleh Pratt & Whitney, yang menggerakkan pesawat tempur F-35 Lightning II.

Kongsberg Defense & Aerospace memiliki 50,1% saham di KAMS, sedangkan sisanya dimiliki oleh Patria dari Finlandia.

F-35 Lightning II joint strike fighter adalah pesawat tempur multiperan supersonik siluman yang dikembangkan oleh Lockheed Martin Aeronautics Company untuk Angkatan Udara AS, Angkatan Laut dan Korps Marinir dan mitra program dari NATO, dan sekutu AS.

Menurut Eirik Lie, Presiden Kongsberg Defense & Aerospace, pendirian depot pemeliharaan di Norwegia sangat penting dalam mempertahankan dan memajukan keahlian dan kapasitas yang dibutuhkan untuk melakukan pemeliharaan dan peningkatan pesawat tempur Norwegia. Hal ini sejalan dengan prioritas dan kebutuhan Angkatan Bersenjata Norwegia.

Investasi baru ini tidak hanya melindungi keahlian berharga yang terakumulasi selama bertahun-tahun tetapi juga memperkuat posisi kontraktor sebagai penyedia layanan pemeliharaan di industri pertahanan, sejalan dengan strategi keseluruhan Kongsberg.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *